UPI Undang Sejumlah Narasumber Ternama pada Kegiatan MOKAKU

Inadha Rahma Nidya
Kompas.com - Selasa, 1 September 2020
Universitas Pendidikan Indonesia.Dok. Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia.

KOMPAS.com – Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI) akan mengundang sejumlah narasumber ternama untuk mengisi kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU) 2020, Selasa (1/9/2020)-Kamis (3/9/2020).

Pada hari pertama dan pembukaan misalnya, Staf Khusus Milenial Presiden RI Aminuddin Maruf, menyampaikan materi bertema Membangun Generasi Muda Cinta Tanah Air yang Optimis, Kreatif, Produktif, dan Inovatif.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Peresmian Mahasiswa Baru dan Pembukaan MOKAKU UPI, sambutan Presiden BEM REMA UPI Fatiha K. Elfahmi, Sambutan Rektor UPI Solehuddin, serta sambutan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UPI.

Pada kesempatan tersebut, Solehuddin mengajak seluruh mahasiswa baru dari jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Magister, dan Doktor untuk beradaptasi, tetap menjaga protokol kesehatan, dan pantang menyerah meraih masa depan yang lebih cerah.

Baca juga: Lewat TVUPI, UPI akan Suguhkan Digital School dan Smart Campus

Pasalnya, pandemi Covid-19 bukan halangan untuk menciptakan manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing.

“Tetaplah bersyukur kepada Tuhan Yang Masa Esa dan menjaga jati diri sebagai mahasiswa UPI. Seluruh civitas akademika UPI, mari sambut mahasiswa baru dengan penuh harapan, doa, dan dorongan agar mereka berhasil menjalani kehidupan akademik dan non-akademik di kampus tercinta ini,” kata Solehuddin, seperti dalam keterangan tertulisnya.

MOKAKU hari pertama juga diisi dengan penyampaian kegiatan akademik dan non-akademik, salah satunya pengenalan para Wakil Rektor UPI dan bidang kerjanya.

Kemudian, ada pula talkshow bertema Menciptakan Iklim Prestatif melalui Budaya Kaum Intelek dan Penulisan Gagasan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Tri Indri Hardini serta mahasiswa berprestasi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Sarah.

Baca juga: Wabah Corona, UPI Berikan Pengganti Kuota Internet hingga Rp 200.000

Dihadirkan pula peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Nabila, serta perwakilan peraih Juara Lomba Dayung Internasional dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

Hari Pertama MOKAKU diakhri dengan kegiatan Belajar Mandiri tentang sistem dan layanan kegiatan dari berbagai unit kerja di UPI.

Lalu pada hari kedua MOKAKU, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI Teten Masduki, akan menyampaikan materi tentang Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan Melalui UKM Kreatif.

Dilanjutkan materi terkait Dampak Psikologis dan Strategi Belajar di Masa Pandemi serta Talkshow Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Cecep Darmawan.

Baca juga: Masuk Bilik Steril Disemprot Tak Basah, Dosen UPI Pakai Teknologi Ini

Terakhir, akan ada materi tentang Menciptakan Kampus Nirkekerasan dengan Mengutamakan Kesetaraan Gender dari Elly Malihah, serta talkshow social project tentang Lumbung Kebaikan Pangan.

Lalu pada hari ketiga, akan diselenggarakan pengenalan profil pimpinan, kelembagaan, bimbingan akademik, profil prestasi dosen dan mahasiswa, serta profil organisasi kemahasiswaan pada tingkat fakultas, departemen, jurusan, dan program studi.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video kompilasi bernyanyi menggunakan bahasa isyarat, pemakaian jas almamater kepada perwakilan mahasiswa, serta penyampaian laporan dari Ketua Pelaksana MOKAKU UPI Dafa Auda Fasha dan Direktur Direktorat Kemahasiswaan sekaligus Ketua Umum MOKAKU UPI Suwatno.

MOKAKU pun akan ditutup dengan sambutan dari Solehuddin.

Baca juga: Dampak Corona, Perkuliahan di UPI Dilakukan Secara Online

Secara umum, MOKAKU berfungsi sebagai masa pengenalan dan media penyampaian informasi tentang profil dan kelembagaan perguruan tinggi, program akademik, serta program kemahasiswaan.

Sementara itu, secara khusus MOKAKU merupakan sarana pembinaan idealisme, menanamkan dan membina sikap cinta tanah air, serta kepedulian terhadap lingkungan perguruan tinggi di lingkungan UPI.

Hal itu dilakukan dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter jujur, cerdas, peduli, bertanggung jawab, dan tangguh.

Sebagai informasi, MOKAKU UPI dilakukan secara daring dan luring. Pada cara daring, kegiatan diselenggarakan melaluii TVUPI di http://tv.upi.edu/atau channel YouTube TVUPI Digital dan  Zoom Meeting.

Untuk Zoom Meeting total diikuti 10.142 mahasiswa baru dengan kapasitas 16 akun

Sementara itu, MOKAKU luring diperuntukkan untuk 30 orang anggota prosesi dari perwakilan mahasiswa dan 15 orang dari perwakilan unsur pimpinan UPI.

Kegiatan tersebut berlangsung sesuai peraturan, ketentuan, dan standar protokol kesehatan pemerintah RI.

Perlu diketahui MOKAKU ditujukan bagi seluruh mahasiswa baru jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Magister dan Doktor di UPI Tahun Akademik 2020/2021 pada berbagai jalur penerimaan.

PenulisInadha Rahma Nidya
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Sumbang Pemikiran untuk Pembangunan Pendidikan Indonesia, UPI Kukuhkan 8 Guru Besar
Sumbang Pemikiran untuk Pembangunan Pendidikan Indonesia, UPI Kukuhkan 8 Guru Besar
Univ Pendidikan Indonesia
Dukung Kebijakan Pelayanan Publik Pemerintah, UPI Diapresiasi Kemendikbud
Dukung Kebijakan Pelayanan Publik Pemerintah, UPI Diapresiasi Kemendikbud
Univ Pendidikan Indonesia
Tim LENTERA Prodi Pendidikan Multimedia UPI Juarai LIDM 2020 Divisi 3
Tim LENTERA Prodi Pendidikan Multimedia UPI Juarai LIDM 2020 Divisi 3
Univ Pendidikan Indonesia
Lewat TVUPI, UPI akan Suguhkan Digital School dan Smart Campus
Lewat TVUPI, UPI akan Suguhkan Digital School dan Smart Campus
Univ Pendidikan Indonesia