Terpilih dalam BSCF 2024, 32 Tim Paduan Suara BPK Penabur Jakarta Siap Melaju di Ajang PICF 2024

Kompas.com - 21/04/2024, 12:16 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 Sebanyak 32 tim paduan suara BPK Penabur terpilih dalam BSCF 2024 dan siap melaju di Ajang PICF pada September 2024Dok. BPK Penabur Sebanyak 32 tim paduan suara BPK Penabur terpilih dalam BSCF 2024 dan siap melaju di Ajang PICF pada September 2024

KOMPAS.com – Lembaga pendidikan Kristen BPK Penabur Jakarta sukses mengelar BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 di Aula SMAK Penabur Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Kamis (18/4/2024) hingga Sabtu (20/4/2024).

Mengusung tema “Berpadu Suara, Bersatu Hati Membangun Karakter Anak Negeri”, festival itu diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri atas 76 tim pada kategori TK, SD, SMP, dan SLTA.

BSCF 2024 digelar untuk mengukur kemampuan peserta agar siap berlaga dalam ajang paduan suara internasional Penabur International Choir Festival (PICF) yang bakal dihelat pada September 2024.

Ketua BPK Penabur Jakarta Kenny Lim mengatakan bahwa kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif (4C) menjadi kunci utama bagi tim paduan suara agar tampil apik di atas panggung pentas.

“Keterampilan 4C diasah dalam BSCF 2024. Tidak hanya menyanyi, para peserta juga dilatih untuk fokus dan cerdas dalam mengikuti arahan koreografi pelatih serta membangun komunikasi dan kerja sama yang baik untuk menciptakan paduan suara dengan gerakan yang indah,” ujar Kenny dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (21/4/2024).

Pada gelaran itu, pelatih paduan suara ternama di Indonesia, Agustinus Bambang Jusana, didapuk sebagai artistic director. Ia memiliki berbagai pengalaman sebagai artistic director serta juri dalam kompetisi nasional dan internasional.

Baca juga: 144 Siswa SMAK Penabur Rela Berkendara 17 Jam ke Banyuwangi, demi Apa?

Agustinus menceritakan, lagu-lagu yang dipilih pada kompetisi itu memiliki tingkat kesulitan yang disesuaikan berdasarkan jenjang usia sehingga para peserta dapat memaksimalkan penampilan. Pada akhirnya, BPK Penabur dapat menemukan tim yang paling siap melaju dalam PICF 2024.

“(Tim yang dipilih harus) siap dengan latihan yang proporsional, disiplin meningkatkan kemampuan dan repertoire, jam terbang, serta sudah tahu harus mengeskalasi persiapan sehingga ‘tahan banting’ dalam bersaing dengan (tim) paduan suara kelas dunia,” tutur Agustinus.

Persiapan matang

Salah seorang peserta BSCF 2024 yang merupakan peserta didik SMPK 1 Penabur, Gracia Anggy Aullia, mengatakan bahwa dirinya dan tim telah melakukan persiapan secara matang. Gracia tergabung dalam grup P1 Choir yang terdiri atas 24 peserta.

“Saya dan teman-teman dilatih oleh pelatih di sekolah selama kurang lebih 2 bulan. Untuk dapat menghasilkan suara yang padu, masing-masing kita harus memiliki niat dan motivasi tinggi dalam melatih diri membaca notasi, nada, intonasi, dan menghapal syair lagu. Kemudian, dilanjutkan latihan individu yang bisa dilakukan di sekolah dan di rumah,” ujar Gracia.

Baca juga: PENABUR Kids Fest 2024, Upaya BPK PENABUR Jakarta Dorong Siswa Jadi Inovator Muda

Hal senada juga dialami Jenny Yuriko Giselle Nainggolan, peserta didik dari SDK 1 Penabur yang tergabung dalam grup “D’One Choir”.

"Pelatih juga turut membantu dan tegas dalam melatih," ucap Jenny.

Berdasarkan penilaian juri yang terdiri atas Aning Katamsi, Jessica Fedora Amadea, Joseph Kristianto Pantioso, Sonja Nadja Simanjuntak, dan Roni Sugiarto, terpilih 32 tim paduan suara yang akan melaju pada ajang PICF 2024. Salah satunya adalah Luminis Voices.

“Saya senang berhasil lolos dan siap berlatih lebih giat lagi bersama teman-teman menuju PICF 2024,” ucap anggota Luminis Voices, Luke Clement Manuel, yang juga peserta didik SMAK 5 Penabur.

Agustinus berpesan kepada pemenang BSCF 2024 untuk memaknai dan menikmati setiap proses latihan.

“Berlatih keras boleh untuk mencapai target yang diharapkan. Namun, jangan lupa jaga kesehatan karena performa yang baik butuh dukungan dari penyanyinya. Selamat berkompetisi di ajang PICF 2024 mendatang!” tuturnya.

Sebagai informasi, PICF 2024 keempat yang mengusung tema “Enhance your well-being through choral singing” akan digelar di SPK Penabur Kepala Gading Jakarta pada 7-14 September 2024.

Informasi dan registrasi dapat dilakukan tautan https://www.picf.or.id/ atau menghubungi WhatsApp di 0896-4810-4578 (Dian)/0856-4107-2590 (Otniel).

Kenny menambahkan, penyelenggaraan BSCF 2024 dan PICF 2024 menjadi salah satu wadah untuk menghasilkan profil lulusan Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society, dan Trust in God (BEST) bagi peserta didik.

“Ini ditunjukkan lewat proses latihan yang memerlukan kerja keras dalam menggapai impian," kata Kenny.

Menurutnya, ketangguhan, kekompakan, tenggang rasa, dan kepedulian sesama anggota berperan besar dalam menghasilkan irama suara disertai dengan gerakan nan indah. Keberanian tampil di atas panggung kompetisi dan ditonton ratusan pasang mata turut diasah melalui ajang ini.

Informasi lebih lanjut tentang BPK Penabur Jakarta silakan klik tautan berikut https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke