Pendaftaran Siswa Baru Dibuka, BPK Penabur Komitmen Bentuk Generasi Berkarakter, Unggul, dan Peduli Lingkungan

Kompas.com - 14/08/2024, 11:11 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur sukses membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun akademik (TA) 2025?2026 di kompleks BPK Penabur Bintaro Jaya, Sabtu (10/8/2024). (DOK. Humas BPK Penabur)DOK. Humas BPK Penabur Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur sukses membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun akademik (TA) 2025?2026 di kompleks BPK Penabur Bintaro Jaya, Sabtu (10/8/2024). (DOK. Humas BPK Penabur)

KOMPAS.com – Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur sukses membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun akademik (TA) 2025–2026 di kompleks BPK Penabur Bintaro Jaya, Sabtu (10/8/2024).

Mengusung tema "Experiencing the Future," BPK Penabur berkomitmen untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter, unggul, dan memiliki kepedulian lingkungan tinggi.

Ketua Umum (Ketum) Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi menegaskan pentingnya pendidikan yang bersifat holistik dan berwawasan ke depan, terutama pada era yang cepat berubah saat ini.

“Dengan tema Experiencing the Future, kami berkomitmen menyediakan pengalaman belajar yang tidak hanya fokus pada teknologi, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/8/2024).

Baca juga: Syarat Ideal Layanan Tempat Penitipan Anak di Lingkungan Kerja

Adri berharap siswa-siswi tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki empati dan tanggung jawab sosial yang tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan bahwa program pendidikan BPK Penabur untuk TA 2025–2026 akan menekankan tiga pilar utama.

Pertama, teknologi. BPK Penabur mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Siswa akan mendapatkan akses ke kecerdasan buatan (AI), robotik, dan pemrograman untuk mempersiapkan mereka menghadapi perkembangan teknologi masa depan.

“Fasilitas pembelajaran berbasis digital melalui Penabur Digital Learning (PDL) akan mendukung proses belajar mengajar secara interaktif dan inovatif,” jelas Adri.

Baca juga: Kemampuan Inovatif Seorang Wirausaha

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pilar kedua adalah karakter. Adri meyakini bahwa pembentukan karakter yang kuat adalah kunci untuk menghadapi masa depan.

Program Pusat Pengembangan Pendidikan Kristen (P3KA) akan mendorong siswa untuk memiliki integritas, tanggung jawab, kerja sama, dan kemandirian.

Adri mengatakan bahwa program tersebut mencakup kepemimpinan, kewirausahaan sosial, dan pengembangan soft skills.

“Program-program ini dirancang untuk membangun rasa percaya diri dan memperkuat kepemimpinan, sehingga siswa mampu menjadi agen perubahan di komunitas mereka,” imbuhnya.

Baca juga: Usaha Ingin Naik Kelas? Simak Tips dari Ketua Komunitas Lazada Berikut

Adapun pilar terakhir, yaitu lingkungan. Adri mengungkapkan bahwa BPK Penabur fokus pada menumbuhkan kesadaran dan aksi nyata terhadap isu-isu lingkungan.

Siswa akan terlibat dalam upaya pelestarian alam melalui proyek-proyek berkelanjutan dan pendidikan lingkungan hidup.

“Mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan bagaimana tindakan kecil mereka dapat memberikan dampak besar bagi bumi,” tutur Adri.

Baca juga: Dampak PTUN Kabulkan Gugatan Anwar Usman, Pengangkatan Suhartoyo Jadi Ketua MK Terancam Dicabut

Proses penerimaan siswa baru

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Yayasan BPK Penabur Yudhian Fantoni mengungkapkan bahwa proses penerimaan siswa TA 2025–2026 dirancang untuk mengidentifikasi calon siswa yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki potensi kepemimpinan, kreativitas, dan kepedulian sosial.

“Kami mengundang para orangtua, wali, dan calon siswa untuk bergabung dalam pendidikan yang akan membentuk pemimpin masa depan yang berwawasan global sambil tetap berpegang pada nilai-nilai luhur,” jelasnya.

BPK Penabur menawarkan berbagai program unggulan yang memenuhi kebutuhan setiap siswa dari tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), hingga satuan pendidikan kerja sama (SPK).

Baca juga: Rekrutmen KAI Lulusan SLTA, D3, dan D4/S1, Berikut Formasi dan Syaratnya

Dengan fasilitas lengkap dan guru-guru yang kompeten, BPK Penabur menjamin lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan.

Siswa akan didorong untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka melalui berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, termasuk seni, olahraga, sains, dan banyak lagi.

Jadilah bagian dari generasi unggul

BPK Penabur berkomitmen membangun komunitas pendidikan yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri sambil tetap berpegang pada nilai-nilai luhur.

Bersama BPK Penabur, siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman yang membentuk karakter dan memperluas wawasan kebinekaan global mereka.

Baca juga: PISA dan Kebinekaan Indonesia

BPK Penabur mengundang para orangtua, wali, dan calon siswa untuk menghadiri acara Open House di setiap unit sekolah BPK Penabur.

Acara tersebut memberikan kesempatan untuk melihat langsung fasilitas, bertemu dengan para guru, dan mendiskusikan kurikulum serta kegiatan sekolah.

Kegiatan itu juga menjadi kesempatan ideal untuk mendapatkan informasi lengkap dan merasakan suasana belajar yang penuh semangat dan inovasi di BPK Penabur.

Sebagai apresiasi kepada orangtua dan wali yang mempercayakan pendidikan anak-anak mereka, BPK Penabur telah menawarkan potongan biaya pendaftaran untuk pendaftaran yang dilakukan pada periode Sabtu (10 /8/2024).

Baca juga: Apa Saja Tahapan Pendaftaran SNBP? Sekolah dan Siswa Kelas 12 Wajib Tahu

Selain itu, bagi yang membeli formulir pendaftaran pada periode tersebut akan diikutkan dalam pengundian cashback uang pangkal yang akan diumumkan pada Senin (12/8/2024) untuk Jakarta dan Rabu (14/8/2024) untuk 14 kota lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, dan program unggulan dapat mengunjungi website resmi BPK Penabur atau menghubungi kantor sekretariat di setiap unit sekolah BPK Penabur.

Bagikan artikel ini melalui
Oke