Lewat “Spirit of Adventure 2024", BPK Penabur Jakarta Hidupkan Kepedulian Sambil Bertualang

Kompas.com - 03/10/2024, 12:59 WIB
Novyana,
A P Sari

Tim Redaksi

Spirit of Adventure SMPK PENABUR Jakarta 2024.DOK. BPK Penabur Spirit of Adventure SMPK PENABUR Jakarta 2024.

KOMPAS.com – Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur Jakarta mengadakan program “Spirit of Adventure” 2024 bertemakan “Menemukan Kembali Jawa Timur” untuk siswa Sekolah Menengah Pertama Kristen (SMPK) Penabur Jakarta.

Keberangkatannya akan terbagi dalam lima gelombang mulai 20 September-2 Oktober 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 1.094 yang akan menjelajah area Malang dan Pasuruan.

Ketua BPK Penabur Jakarta Kenny Lim mengatakan bahwa peserta didik akan diajak merasakan keberagaman budaya Indonesia secara langsung. 

“Kegiatan ini bukan sekadar rekreasi biasa, tetapi mengajak peserta didik live in, tinggal di rumah warga, merasakan pengalaman dengan kultur serta budaya baru. Jadi, mereka mengalami secara langsung keberagaman Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/10/2024).

Baca juga: Siswa BPK Penabur Raih Prestasi di Ajang Internasional, Bukti Keberhasilan Pendidikan Berkarakter

Kenny mengungkapkan, tujuan dari perjalanan edukatif “Spirit of Adventure” adalah membentuk profil Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society, Trust in God (BEST) bagi peserta didik.

“Be Tough, yakni ketangguhan peserta didik dalam mewujudkan proyek pipanisasi. Excel Worldwide, peserta didik mampu mengenal dan belajar budaya lokal. Share with Society, peserta didik berbagi tenaga dan pengalaman di sekolah Baithani serta Desa Podokoyo. Trust in God, memiliki sikap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat,” jelasnya.

Kepala Bagian Layanan dan Pendukung Pendidikan BPK Penabur Lidya Ida Fatonah mengatakan, siswa tidak hanya menikmati keindahan alam Jawa Timur (Jatim), tetapi juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial Yayasan Baithani Tengger.

Kegiatan memasak olahan kentang yang sudah dipanen di rumah-rumah warga.DOK. BPK Penabur Kegiatan memasak olahan kentang yang sudah dipanen di rumah-rumah warga.

Secara bergotong royong, peserta didik diajak membantu sekolah tersebut agar lebih nyaman digunakan untuk kegiatan belajar mengajar seperti membantu menyampul buku di perpustakaan, berbagi pengalaman berorganisasi, serta melakukan proyek pipanisasi.

Baca juga: Bangga Ikut Kibarkan Merah Putih, Begini Cerita Siswa SMAK BPK Penabur Jadi Paskibra

“Semoga melalui proyek pipanisasi ini, air yang dialirkan tidak hanya menjadi berkat untuk Sekolah Baithani, tetapi juga bermanfaat bagi warga sekitar khususnya saat musim kemarau,” katanya.

Selain itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Pasuruan Erwan Tjahjono turut berterima kasih atas pipanisasi yang telah diadakan melalui program “Spirit of Adventure” BPK Penabur.

“Kami sungguh berterima kasih karena melalui program pipanisasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Baithani bisa mendapatkan air yang merupakan kebutuhan pokok bagi kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah, sehingga para siswa diharapkan akan semakin semangat bersekolah,” tuturnya.

Dinas Pariwisata Provinsi Jatim yang diwakili Wisnu Ady Septian juga mendukung penuh pelaksanaan program “Spirit of Adventure BPK Penabur yang telah memberikan berbagai manfaat untuk masyarakat.

Baca juga: Pendaftaran Siswa Baru Dibuka, BPK Penabur Komitmen Bentuk Generasi Berkarakter, Unggul, dan Peduli Lingkungan

“Saya berharap agar kegiatan ini bisa menginspirasi wisatawan untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat,” pesannya.

Perlu diketahui, BPK Penabur Jakarta telah rutin mengadakan program Spirit of Adventure untuk peserta didiknya mulai jenjang taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), SMP, SMA, hingga satuan pendidikan kerja sama (SPK) sejak 2019.

Bagikan artikel ini melalui
Oke