"PENABUR Kids Fest 2024", Upaya BPK PENABUR Jakarta Dorong Siswa Jadi Inovator Muda

Kompas.com - 04/03/2024, 12:47 WIB
Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Yayasan BPK PENABUR Jakarta menggelar PENABUR Kids Fest 2024 di SDK PENABUR Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2024).DOK. Humas BPK PENABUR Yayasan BPK PENABUR Jakarta menggelar PENABUR Kids Fest 2024 di SDK PENABUR Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2024).

KOMPAS.com – Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR Jakarta menyelenggarakan " PENABUR Kids Fest 2024" di Sekolah Dasar Kristen (SDK) PENABUR Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi dan gelar karya coding, robotic, serta project based learning (PjBL) yang diikuti oleh 266 peserta dari 20 SDK PENABUR di Jakarta.

Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta Etiwati mengungkapkan bahwa pagelaran ini merupakan penerapan dari Kurikulum Merdeka pada jenjang sekolah dasar (SD).

“Dengan adanya pendekatan project-based learning, anak-anak bukan hanya belajar tentang teori saja, tetapi juga berpikir bagaimana membuat konsep, menentukan langkah-langkah pengerjaan, hingga cara mengomunikasikannya,” ujar Etiwati melalui siaran persnya, Senin (4/3/2024).

Baca juga: 13 Kali Gagal Masuk Kedokteran, Roy Kini Jadi Lulusan Berprestasi FK Unair

Rangkaian kompetisi pada PENABUR Kids Fest 2024 ini terbagi menjadi dua kategori yaitu robotic dan coding. Pada kategori robotic, para peserta merancang robot yang unik sekaligus bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa robot yang dirancang oleh peserta, di antaranya robot untuk menolong penyandang tunadaksa, robot pembersih kotoran hewan, hingga robot pemilah sampah.

Siswa kelas enam SDK 6 PENABUR Janet Pratiwi Cai yang merupakan Project Based Learning Exhibition, mengungkapkan, dia dan timnya menciptakan karya yang terinspirasi dari makanan permen kapas (cotton candy).

“Kami menciptakan Cotton Candy Machine yang berfungsi membuat makanan favorit anak-anak sekaligus berguna dalam mengurangi sampah plastik dan kaleng,” tutur Janet.

Sementara itu, pada kategori coding, peserta ditantang untuk membuat aplikasi yang meningkatkan kesadaran terhadap buruknya tindak perundungan. Kreativitas para peserta ini tergambar melalui ide, tampilan, jalan cerita, maupun interaksi yang disuguhkan dalam merancang aplikasi maupun robot.

Baca juga: Apa Saja Jalur Mandiri UGM 2024? Catat Jadwal dan Syarat Daftarnya

Prosesi pembukaan PENABUR Kids Fest 2024 di SDK PENABUR Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2024).DOK. Humas BPK PENABUR Prosesi pembukaan PENABUR Kids Fest 2024 di SDK PENABUR Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2024).

Di samping itu, BPK PENABUR Jakarta juga melibatkan para profesional di bidang robotic dan coding yang bertugas untuk memberi nilai pada ide, proses, hingga hasil akhir para peserta.

Ketua BPK PENABUR Jakarta Kenny Lim berharap kegiatan PENABUR Kids Fest 2024 ini dapat merangsang ide kreatif para siswa.

“Harapannya, di masa depan, para siswa mampu menjadi inovator yang bisa menemukan solusi dari permasalahan di masyarakat secara global,” ungkap Kenny.

Sebagai informasi, PENABUR Kids Fest 2024 ditujukan untuk mengasah keterampilan abad 21 yang telah menjadi standar kompetensi bagi siswa SD di era revolusi industri 5.0. Keterampilan ini mencakup 6C yaitu character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi).

Bagikan artikel ini melalui
Oke