Ingin Perdalam Ilmu Pemasaran Digital Jadi Alasan Pelajar Asal Surabaya Kuliah di James Cook University di Singapura

Kompas.com - 15/02/2023, 14:30 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
A P Sari

Tim Redaksi

Mahasiswi asal Kota Surabaya, Floretta Aurelia Widodo, memilih kuliah pada program Marketing for the Digital Age James Cook University di Singapura untuk meningkatkan keterampilannya dalam bidang digital marketing. Dok. James Cook University in Singapore Mahasiswi asal Kota Surabaya, Floretta Aurelia Widodo, memilih kuliah pada program Marketing for the Digital Age James Cook University di Singapura untuk meningkatkan keterampilannya dalam bidang digital marketing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi digital yang begitu cepat pada beberapa waktu terakhir telah mengubah kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk sektor usaha.

Pelaku usaha diharuskan beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang berbelanja melalui platform digital agar bisa berkembang.

Salah satu bentuk adaptasi adalah dengan membekali diri dengan keterampilan di bidang pemasaran digital.

Berbekal keterampilan ini, pelaku usaha dapat menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan dan mendekatkan diri dengan pelanggan.

Hal itu disadari oleh mahasiswa jurusan Marketing for the Digital Age di James Cook University di Singapura, Floretta Aurelia Widodo.

Sejak kecil, mahasiswa asal Surabaya yang akrab disapa Aurel itu tumbuh dalam keluarga pebisnis bidang fashion di Surabaya. Hal ini mendorongnya untuk menjadi wirausaha.

Sadar teknologi digital berpengaruh terhadap konsumen, ia pun memutuskan untuk mempelajari ilmu pemasaran digital sebagai bekal berbisnis.

Baca juga: Bantu UMKM, TikTok Gelar Edukasi Pemasaran Digital Gratis bagi Pelaku Usaha

“Pengetahuan dasar tentang pemasaran digital kini semakin dibutuhkan oleh pelaku usaha agar semakin adaptif. Agar dapat bersaing dan relevan dengan perubahan gaya hidup masyarakat, berbagai platform digital harus dioptimalkan untuk menunjang strategi pemasaran yang efektif,” ujar Aurel kepada Kompas.com saat berbincang secara virtual, Jumat (5/8/2022).

Perkuat keterampilan di bidang pemasaran digital

Sebagai generasi yang melek teknologi, Aurel mengaku terpacu untuk mempertajam pengetahuannya di bidang pemasaran digital. Pasalnya, usaha yang dijalankan kedua orangtuanya saat ini masih mengandalkan gerai fisik.

Ketertarikannya pada konten media sosial (medsos) pun dirasa relevan untuk melengkapi ilmu pemasaran digital yang ingin dipelajari di perguruan tinggi. Untuk itu, ia memutuskan untuk berkuliah pada bidang yang dapat mengakomodasi harapannya tersebut.

“Saya memutuskan kuliah di program studi Marketing for the Digital Age di James Cook University di Singapura. Tak banyak perguruan tinggi yang memiliki program ini. Saya pun excited mendaftar ketika tahu James Cook University punya jurusan ini,” tambah Aurel.

Aurel melanjutkan, saat ini, brand-brand sudah mengoptimalkan pemasaran digital untuk memasarkan produk. Menurutnya, fenomena ini mengindikasikan bahwa pemasaran digital kian prospektif untuk dikembangkan dan dipelajari.

Baca juga: Digital Marketing, Profesi Menjanjikan Bagi yang Suka Menulis

Bak gayung bersambut, kedua orangtua Aurel pun mendukungnya kuliah Marketing for the Digital Age di James Cook University. Bahkan, ia pun ditantang untuk membuat konsep strategi marketing bisnis fashion milik orangtuanya.

“Mereka (orangtua) ingin agar usaha bidang fashion yang sudah dijalankan bertahun-tahun bisa dikembangkan ke ranah online oleh saya. Akhirnya, saya putuskan kuliah di James Cook University, untuk mendalami ilmu pemasaran digital sebagai bekal ilmu untuk mengembangkan bisnis,” kata Aurel.

Kampus bergengsi dan berstandar internasional di Singapura

Selain memiliki program studi Marketing for the Digital Age yang relevan dengan minat dan kompetensi, bagi Aurel, James Cook University, merupakan kampus bergengsi yang memiliki reputasi apik di kancah internasional.

Hal itu menjadi pertimbangan penting bagi Aurel dalam menentukan lembaga pendidikan untuk menunjang karier dan masa depannya.

Untuk diketahui, James Cook University di Singapura, merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Asia.

Universitas tersebut masuk ke dalam daftar Top 300 universitas dunia berdasarkan penilaian Academic Ranking of World Universities (ARWU) 2021 dan Times Higher Education World University Rankings 2022.

James Cook University di Singapura juga telah mendapatkan Edutrust Star, yakni akreditasi tertinggi yang diberikan kepada perguruan tinggi swasta di Singapura. Penghargaan ini telah diberikan kepada James Cook University untuk kedua kalinya pada 2019.

Baca juga: 3 Alasan Gen Z Perlu Belajar Digital Marketing

Aurel mengaku, materi perkuliahan yang didapat di James Cook University memperluas khazanah pengetahuannya tentang pemasaran digital.

“Sistem belajar pada Program Marketing for the Digital Age di James Cook University banyak memberikan porsi pada studi kasus (case study). Saya pun belajar berbagai metode periklanan. Ternyata, (metode periklanan) sangat beragam karena setiap platform digital punya strategi pemasaran yang berbeda-beda. Karakter penggunanya pun berbeda sehingga harus dipelajari secara mendalam,” tambahnya.

Tak hanya menawarkan kurikulum dan sistem pendidikan berkualitas, bagi Aurel, James Cook University juga berhasil menghadirkan suasana kampus dengan nilai sosial tinggi dan kekerabatan kuat antar mahasiswa.

Hal itu ia temukan ketika aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi kampus. Menurut Aurel, organisasi ini berguna meningkatkan soft skill dalam mengelola sumber daya manusia (manage people).

Aurel mengatakan, pada awal perkuliahan, ia bergabung dalam dua klub kemahasiswaan, yaitu Music Club and Dance Club. Setelah lewat dua semester, kini ia menjabat sebagai Vice President of Clubs and Societies.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu Pentingnya Digital Marketing di Masa Kini

“Dalam organisasi tersebut, saya bertugas mengatur semua kegiatan klub yang ada di kampus yang terdiri dari 26 klub untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik bagi mahasiswa. Kegiatan ini membantu mahasiswa membangun ikatan pertemanan guna memiliki kehidupan sosial di kampus sebagai salah satu support system,” terang Aurel.

Selain itu, lanjut Aurel, ikatan sosial kuat di James Cook University di Singapura kian terasa berkat kehadiran staf akademik yang ramah dan murah hati untuk membantu setiap mahasiswa.

Dengan begitu, mahasiswa dapat berkonsultasi kapan saja kepada mereka bila menghadapi berbagai kendala, baik akademik maupun nonakademik.

Menurut Aurel, fasilitas penunjang akademik James Cook University juga sangat baik. Khususnya, perpustakaan berkonsep hibrida yang memudahkan mahasiswa mengakses berbagai literatur.

“Buku, paper, jurnal internasional, dan berbagai hasil riset yang dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan tersedia di perpustakaan James Cook University di Singapura. Bahkan, saya dapat mengakses dan mengunduh literatur lain di perpustakaan James Cook University Australia lewat hybrid library,” paparnya.

Baca juga: Ingin Kuliah di Luar Negeri? Mulai Lakukan 5 Persiapan Ini

Hingga saat ini, imbuh Aurel, James Cook University di Singapura menerapkan sistem perkuliahan hibrida. Mahasiswa diwajibkan datang ke kampus setiap hari minimal tiga jam.

Tujuannya, agar mahasiswa tetap dapat menjalin relasi sosial dengan sesama mahasiswa internasional, lokal, dosen, dan staf akademik.

Adapun durasi tiga jam tersebut merupakan syarat dari pemerintah Singapura untuk bisa dimaksimalkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas di kampus, belajar bersama teman-teman, dan juga kegiatan organisasi.

“Saat kuliah secara virtual, kegiatan belajar direkam oleh tim pengajar kemudian diunggah di website kampus. Bila merasa ketinggalan perkuliahan atau ada materi yang belum dipahami, mahasiswa dapat menyimak kembali materi perkuliahan yang disampaikan dosen. Metode ini sangat memudahkan kami,” kata Aurel.

Ia pun berpesan kepada pelajar di Tanah Air untuk mempersiapkan diri secara matang untuk melanjutkan kuliah.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan LoA buat Kuliah di Luar Negeri

Aurel juga turut mendorong para calon mahasiswa untuk memilih program studi yang relevan dengan minat dan kompetensi. Dengan begitu, perkuliahan yang dijalankan lebih efektif dan menyenangkan.

“Bila ada adik-adik pelajar yang ingin kuliah di James Cook University, saya sangat mendukung. Pasalnya, kalian akan mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu pendidikan berstandar internasional berkualitas dan kehidupan sosial yang baik,” ujar Aurel.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program di James Cook University, dapat dilihat di https://www.jcu.edu.sg/courses-and-study/courses.

Terkini Lainnya
Lulusan Bachelor of Commerce JCU Singapore Ini Tumbuhkan Pasar Indofood di Kawasan Asia
Lulusan Bachelor of Commerce JCU Singapore Ini Tumbuhkan Pasar Indofood di Kawasan Asia
James Cook University
Dekan Internasional JCU Singapore Tekankan Pentingnya Keberlanjutan di Lingkup Universitas
Dekan Internasional JCU Singapore Tekankan Pentingnya Keberlanjutan di Lingkup Universitas
James Cook University
Selesai SMA Kelas 11, Mulai Bangku Kuliah dengan Pre-University Foundation Program
Selesai SMA Kelas 11, Mulai Bangku Kuliah dengan Pre-University Foundation Program
James Cook University
Founder Polki Indonesia Terapkan Ilmu dari JCU Singapore untuk Raih Impian Jadi Wirausaha
Founder Polki Indonesia Terapkan Ilmu dari JCU Singapore untuk Raih Impian Jadi Wirausaha
James Cook University
Hindari Pencurian Data Pribadi di Era Belanja Online, Dosen JCU Singapore Bagikan Tips Ini
Hindari Pencurian Data Pribadi di Era Belanja Online, Dosen JCU Singapore Bagikan Tips Ini
James Cook University
Berinvestasi dengan Bijak: Tips dan Strategi untuk Generasi Muda
Berinvestasi dengan Bijak: Tips dan Strategi untuk Generasi Muda
James Cook University
Dosen Psikologi JCU, Singapore Jelaskan Peran Orangtua dalam Memilih Jurusan Kuliah
Dosen Psikologi JCU, Singapore Jelaskan Peran Orangtua dalam Memilih Jurusan Kuliah
James Cook University
Lulus dari JCU Singapore, Alumni Asal Bali Ini Temukan Segudang Manfaat Psikologi
Lulus dari JCU Singapore, Alumni Asal Bali Ini Temukan Segudang Manfaat Psikologi
James Cook University
Kisah Lulusan JCU, Singapore yang Layani Jual Beli Properti dan Perusahaan dengan 50 Cabang di Indonesia
Kisah Lulusan JCU, Singapore yang Layani Jual Beli Properti dan Perusahaan dengan 50 Cabang di Indonesia
James Cook University
Gelar Pertemuan secara Hybrid, JCU Singapore Sambut Hangat Para Mahasiswa Baru beserta Keluarga
Gelar Pertemuan secara Hybrid, JCU Singapore Sambut Hangat Para Mahasiswa Baru beserta Keluarga
James Cook University
Serunya Reuni Alumni JCU Singapore, dari Nostalgia hingga Kolaborasi Bersama
Serunya Reuni Alumni JCU Singapore, dari Nostalgia hingga Kolaborasi Bersama
James Cook University
Ambil Double Major di JCU, Singapura, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Ingin Wujudkan Mimpi Jadi Pebisnis Andal
Ambil Double Major di JCU, Singapura, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Ingin Wujudkan Mimpi Jadi Pebisnis Andal
James Cook University
Data Scientist, Profesi dengan Peluang Karier Menjanjikan
Data Scientist, Profesi dengan Peluang Karier Menjanjikan
James Cook University
Resah dengan Masalah Lingkungan, Alumnus JCU, Singapore Ini Bantu Perusahaan Kurangi Dampak Perubahan Iklim
Resah dengan Masalah Lingkungan, Alumnus JCU, Singapore Ini Bantu Perusahaan Kurangi Dampak Perubahan Iklim
James Cook University
Tanda Tangani MoU, James Cook University dan UGM Kolaborasi di Bidang Pendidikan dan Penelitian
Tanda Tangani MoU, James Cook University dan UGM Kolaborasi di Bidang Pendidikan dan Penelitian
James Cook University
Bagikan artikel ini melalui
Oke