Prodi Magister Bisnis Analitik Terapan, Belajar Apa Saja?

Alifia Nuralita Rezqiana
Kompas.com - Jumat, 19 November 2021
Ilustrasi program Magister Bisnis Analitik Terapan Universitas Prasetiya Mulya.DOK. Universitas Prasetiya Mulya Ilustrasi program Magister Bisnis Analitik Terapan Universitas Prasetiya Mulya.

KOMPAS.com – Bisnis analitik terapan adalah bidang ilmu yang dirancang untuk membekali siswa dengan kepekaan dalam memecahkan masalah.

Kepekaan pemecahan masalah didapat melalui keterampilan analitik data untuk mengeksplorasi data besar atau big data dan mendekode data tersebut menjadi informasi komprehensif yang digunakan untuk mengambil keputusan strategis.

Program Studi Strata Dua (S2) atau Magister Bisnis Analitik Terapan Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) menawarkan pendekatan baru bagi para profesional di dunia bisnis.

Terdapat tiga pilar proses pembelajaran dalam program Magister Analitik Terapan di Universitas Prasmul, yaitu memahami konsep dasar, menguasai keterampilan kreatif dan analitis, serta mengalami praktik bisnis.

Dalam program magister tersebut, selama 18 bulan mahasiswa akan memperoleh kombinasi keterampilan kreatif dan analitik, alat manajemen komprehensif, serta pengalaman bisnis nyata.

Baca juga: Serba-serbi Jurusan Oseanografi, Kampus dan Prospek Kerjanya

Lantas, apa saja yang akan dipelajari selama mengenyam pendidikan di Prodi Magister Analitik Terapan?

Mahasiswa akan mendapatkan materi tentang data-driven organization, managerial accounting, dan business process framework selama kegiatan matrikulasi.

Kemudian, pada trimester pertama, mahasiswa akan mempelajari business analytics methods, data-driven marketing, dan financial analytics.

Adapun pada trimester kedua, beberapa materi yang akan dipelajari meliputi big data, operation modeling, dan human capital analytics.

Selanjutnya, pada trimester ketiga, mahasiswa akan mendapatkan ilmu tentang business intelligence, strategic analytics, dan business performance management.

Pada trimester keempat, mahasiswa akan mempelajari business model innovation dan business analytics project proposal.

Sementara itu, pada trimester kelima sekaligus terakhir, mahasiswa akan mendapatkan materi business analytics project.

Baca juga: 4 Jurusan Teknik untuk Perempuan, Apa Saja Itu?

Biaya pendidikan

Sebagai informasi, biaya pendaftaran program Magister Bisnis Analitik Terapan di Universitas Prasetiya Mulya yang dimulai Mei 2022 adalah Rp 500.000.

Biaya pendaftaran tersebut tidak dapat dikembalikan dan atau dalihkan untuk jadwal masuk kuliah berikutnya.

Apabila calon mahasiswa berhasil lolos tes seleksi program Magister Bisnis Analitik Terapan, maka diharuskan membayar biaya komitmen sebesar Rp 5.000.000 untuk konfirmasi sebagai mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya.

Biaya komitmen tersebut harus dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal yang ditentukan. Tanggal ini tercantum pada surat penerimaan mahasiswa.

Adapun biaya komitmen merupakan bagian dari total biaya sekolah dan hanya dibayarkan sekali setelah lolos tes masuk.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Untuk diketahui, biaya total pendidikan Magister Bisnis Analitik Terapan di Universitas Prasetiya Mulya adalah Rp 131.250.000.

Dengan biaya tersebut, mahasiswa akan memperoleh fasilitas berupa makan malam atau snack.

Namun, biaya buku teks, parkir, fasilitas printer di Business Center, dan program Study Abroad, tidak termasuk dalam total biaya pendidikan.

Selama program pendidikan, mahasiswa akan ditempatkan di ditempatkan di Kampus Universitas Prasetiya Mulya Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Tangsel).

PenulisAlifia Nuralita Rezqiana
EditorAmalia Purnama Sari
Terkini Lainnya
AIESEC Prasmul Bawa Sukarelawan ke Luar Negeri, Apa Saja Kegiatannya?
AIESEC Prasmul Bawa Sukarelawan ke Luar Negeri, Apa Saja Kegiatannya?
Universitas Prasetiya Mulya
Prasmul Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi yang Paling Banyak Menangkan Kompetisi Wirausaha
Prasmul Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi yang Paling Banyak Menangkan Kompetisi Wirausaha
Universitas Prasetiya Mulya
5 Tips Bekerja di Startup Unicorn Gojek ala Alumni Prasmul
5 Tips Bekerja di Startup Unicorn Gojek ala Alumni Prasmul
Universitas Prasetiya Mulya