Ini Nama-nama Pemenang Lomba Blog dan Vlog Puspeka Kemendikbud

Inadha Rahma Nidya
Kompas.com - Sabtu, 26 September 2020
Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).DOK. Dina Ayu - Puspeka Kemendikbud Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).

KOMPAS.com – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan pemenang Lomba Blog dan Vlog bertema Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).

Puspeka Kemendikbud memilih enam pemenang untuk masing-masing kategori lomba dari 1.332 karya yang terkumpul sejak Minggu (30/8/2020) hingga Kamis (17/9/2020).

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para praktisi, ahli, internal Kemendikbud, pendiri Hello Motion Academy Wahyu Aditya, pendiri laman emak2blogger.com Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi Sarie Febriane, jurnalis, dan Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Anita Wahid.

Keenam pemenang dari tiap kategori pun akan mendapat hadiah gawai. Sementara 20 peserta terbaik dari masing-masing kategori akan mendapat hadiah menarik.

Baca juga: Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog

Lomba blog kategori SMP dan sederajat dimenangkan Karang Jimbaran dari Yogyakarta, juara dua Wafiyati Nida Imani dari Jawa Barat (Jabar), juara tiga Tiwi Mustika Dewi dari Lampung, juara empat Nailah Aieola Nabihah dari Jawa Tengah (Jateng), juara lima Sabriza Rosia Fatiha dari Jabar, dan juara enam Elda Arlaynika dari Lampung.

Kemudian, lomba blog kategori SMA dan sederajat dimenangkan Adelia Margareta dari Kalimantan Timur (Kaltim), juara dua Aldi Firmansyah dari Jawa Timur ( Jatim), juara tiga Muhammad Nur Ardi Handayat dari Riau, juara empat Yusholi Qoirunnisa dari Jateng, juara lima Nanda Triaini dari Jatim, dan juara enam Nasywa Feby Aulia dari Jatim.

Sementara itu, juara satu kategori Blog Pendidik diperoleh Wardi dari Kalimantan Utara, juara dua Leni Lesnawati dari Jabar, juara tiga Popi Wahyuni dari Sumatera Utara (Sumut), juara empat Novianti Islahiah dari Sumatera Selatan (Sumsel), juara lima Heni Purwono dari Jateng, dan juara enam Ahmad Ridlo Fadlli Robbi dari Jateng.

Pada kategori Blog Umum, juara satu diraih Illian Deta Arta Sari dari DKI Jakarta, juara dua Laila Sari dari Sumut, juara tiga Melati Dwi Anda Syahputri dari Lampung, juara empat Tri Mardhika Agustina Mulyanti dari Yogyakarta, juara lima Febryan Ariefand dari Jateng, dan juara enam Rizky Adinda Azizah dari Jatim.

Baca juga: Cetak Generasi Berkarakter, Kemendikbud Ajak Remaja Hindari Narkoba

Mira, salah satu juri blog kategori SMA sederajat, berharap, lomba tersebut dapat menanamkan budaya literasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tak hanya mendapat pengetahuan saat mengikuti sesi webinar, para peserta juga turut menyebarkan informasi dan berperan sebagai agent of change pada dunia literasi khususnya produksi konten,” kata Mira, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Adapun juara satu lomba vlog kategori SMP dan sederajat diraih Naura Athaya Sharif dari Jatim, juara dua Tim SMP N 1 Jetis Bantul dari Yogyakarta, juara tiga Jihan Karamina Arwanigara dari Jateng, juara empat Athiarahima Muthmainna dari Jatim, juara lima Haykal Raihan Alvidi dari Jateng, dan juara enam Tim SMP N 1 Sukoharjo dari Jateng.

Selanjutnya, juara satu lomba vlog kategori SMA dan sederajat diraih Theosebeia Natanael Elim dari Kaltim, juara dua Ahmad Tanhar Amru dari Sulawesi Selatan (Sulsel), juara tiga Larasati Puspita Sumantri dan Savina Anindyta Halimah dari DKI Jakarta, juara empat Dinda Hersya Tabita dari Jabar, juara lima Ni Made Puspaningsih dari Bali, serta juara enam Isroq Adi Subakti dari Sumut.

Baca juga: Sajikan Hiburan di Tengah Sekolah Daring, Puspeka Gelar Nobar Virtual

Pada lomba vlog kategori Pendidik, juara satu diraih Surya Arif Kartono dari Jatim, juara dua Fifti Imro'atur Rosyidah dari Jatim, juara tiga Yusuf Maulana Aripi dari Jabar, juara empat Jainuri dari Sumsel, juara lima Elveria Novi Situmorang dari Kalimantan Barat (Kalbar), dan juara enam Meila Rosianika dari Jambi.

Terakhir yaitu lomba vlog kategori Umum dimenangkan Novita Ardyanti dari Jatim, juara dua Ahmad Rony Anwari Anggoro dari Jabar, juara tiga Mustaqim dari DKI Jakarta, juara empat St Nurhazana dari Sumsel, juara lima Dina Damayanti dari Kalsel, dan juara enam Heny Retnowati dari Riau.

Salah satu juri vlog kategori SMA dan sederajat, Wahyu, menilai, vlog-vlog tersebut memperlihatkan pesan kolaborasi dan semangat belajar pada masa pandemi Covid-19.

“Gagasan hingga eksekusinya kreatif, menarik, dan sesuai dengan dunianya. Sederhana, tapi tetap maksimal. Jadi, penyemangat bahwa siapa pun bisa membuat vlog yang menginspirasi,” kata Wahyu.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020 Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

Kepala Puspeka Hendarman berharap, Lomba Blog dan Vlog ini dapat menjadi wadah penyaluran kreativitas dan ekspresi bagi generasi milenial dan Z.

“Harapannya, semua tripusat pendidikan yang mengikuti kegiatan ini dapat menyalurkan bakatnya dan menjawab kebutuhan pembangunan karakter Profil Pancasila,” kata Hendarman.

PenulisInadha Rahma Nidya
EditorAgung Dwi E
Terkini Lainnya
Respon Peserta Didik Usai dapat Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud
Respon Peserta Didik Usai dapat Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud
Pusat Penguatan Karakter
Ini Nama-nama Pemenang Lomba Blog dan Vlog Puspeka Kemendikbud
Ini Nama-nama Pemenang Lomba Blog dan Vlog Puspeka Kemendikbud
Pusat Penguatan Karakter
Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog
Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog
Pusat Penguatan Karakter
Ini Cara Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila kepada Siswa di Rumah
Ini Cara Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila kepada Siswa di Rumah
Pusat Penguatan Karakter
Begini Cara Kenalkan Pancasila kepada Pelajar Milenial
Begini Cara Kenalkan Pancasila kepada Pelajar Milenial
Pusat Penguatan Karakter