5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Personalisasi

Kompas.com - 24/04/2023, 17:19 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Salah satu kegiatan di Sekolah Cikal.DOK. Humas Sekolah Cikal Salah satu kegiatan di Sekolah Cikal.

KOMPAS.com - Sekolah Cikal Surabaya sebagai salah satu titik kampus Sekolah Cikal di Indonesia menghadirkan pendidikan yang menerapkan pendekatan personalisasi bagi setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus dengan menyesuaikan minat, bakat, dan kebutuhannya.

Berlokasi di Jalan Raya Lontar, Surabaya Barat, Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu sekolah swasta nasional berbasis kompetensi dan pendekatan personalisasi di Surabaya.

Sekolah Cikal Surabaya juga menghadirkan jenjang pendidikan yang lengkap, yakni dari Prasekolah, Taman Kanak-Kanak (TK) hingga jenjang sekolah menengah atas (SMA), serta pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sekolah Cikal Surabaya, sekolah berbasis komptensi dan personalisasi, di Surabaya.
Dok. Sekolah Cikal Surabaya Sekolah Cikal Surabaya, sekolah berbasis komptensi dan personalisasi, di Surabaya.

Penasaran apa saja keunggulan dari Sekolah Cikal Surabaya dari sisi kurikulum, program, dan lain sebagainya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Dukungan Orangtua dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

1. Menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal

Sekolah Cikal Surabaya merupakan salah satu kampus Sekolah Cikal yang juga menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal (Cikal 5 Stars Competencies).

Kurikulum tersebut ditujukan untuk mengembangkan setiap anak menjadi versi terbaik dari dirinya sebagai manusia dengan cakupan keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di masa depan sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pendiri Cikal, Najelaa Shihab.

“Kompetensi 5 Bintang Cikal merupakan seperangkat kurikulum yang telah didefinisikan untuk mendampingi pengembangan diri murid mencakup keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di seluruh lini pendidikan di Cikal,” ucap Najelaa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Kompetensi 5 Bintang Cikal atau Cikal 5 Stars Competencies merupakan visi, cita-cita, dan tujuan utama pendidikan di Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, dan Pendidikan Inklusi Cikal.

DOK. Sekolah Cikal Kompetensi 5 Bintang Cikal atau Cikal 5 Stars Competencies merupakan visi, cita-cita, dan tujuan utama pendidikan di Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, dan Pendidikan Inklusi Cikal.

Di jenjang sekolah dasar (SD), Sekolah Cikal Surabaya juga telah terotorisasi oleh International Baccalaureate (IB) Primary Year Level (PYP) sebagai sebuah framework pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum Cikal, Kompetensi 5 Bintang Cikal untuk pengembangan kompetensi murid.

Baca juga: Kemenkominfo Dorong Peningkatan Kompetensi TIK Kesehatan

Lalu, untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA Sekolah Cikal Surabaya menggunakan kurikulum nasional yang berintegrasi dengan kurikulum Cikal.

2. Menerapkan pendekatan personalisasi dalam pembelajaran dan asesmen

Sebagai Kepala Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya senantiasa mengapresiasi setiap keunikan para murid yang memiliki potensi yang beragam di jenjang TK hingga SMA.

Oleh karena itu, setiap murid Cikal Surabaya dapat menikmati proses belajar dengan pendekatan personalisasi.

“Sekolah Cikal Surabaya percaya bahwa setiap murid mempunyai potensi yang berbeda satu sama lain, sehingga sekolah dan guru harus mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut,” ucap Hasto.

Proses personalisasi, lanjut dia, dapat dilakukan secara materi, proses maupun produk asesmen yang dihasilkan murid.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Gandeng Swasta untuk Asesmen Direksi-Komisaris BUMD

“Dari potensi yang berbeda itulah, guru dapat merancang berbagai variasi pembelajaran dan asesmen sesuai kebutuhan di jenjang tersebut, maupun kebutuhan masing-masing murid,” ujar Hasto.

Pendekatan personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya mendukung optimalisasi minat dan bakat anak.

DOK. Humas Sekolah Cikal Surabaya Pendekatan personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya mendukung optimalisasi minat dan bakat anak.

Pendekatan personalisasi ini juga diterapkan ke jenjang Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya yang mendukung optimalisasi pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus.

Hal tersebut dilakukan Sekolah Cikal Surabaya dengan adanya penyesuaian moda belajar (individual, kelas kecil, dan kelas besar), dan juga modi?kasi kurikulum.

Personalisasi di Sekolah Cikal Surabaya juga diterapkan dalam asesmen, personalisasi gaya seragam batik dan warna rambut anak dalam keseharian di sekolah.

Penerapan tersebut dilakukan sebagai langkah Sekolah Cikal Surabaya memaksimalkan personalisasi atas keragaman karakter dan minat anak.

Baca juga: Karakter Imut Hello Kitty Hadir dalam Siluet Adidas Forum

Untuk asesmen di Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso menyebutkan bahwa berbagai bentuk asesmen pembelajaran dihadirkan agar dapat dipilih menyesuaikan minat serta mengoptimalkan potensi seluruh anak dari jenjang TK sampai SMA.

“Sekolah Cikal menerapkan berbagai ragam asesmen yang seru dan menarik seperti presentasi, membuat proyek, membuat laporan kunjungan belajar (?eld trip), melakukan wawancara dengan narasumber, melakukan observasi, melakukan eksperimen, membuat produk, dan lainnya,” jelasnya.

Semua jenis asesmen tersebut, lanjut Hasto, dibuat dan dapat dipilih oleh murid agar mereka dapat secara optimal mengeluarkan semua potensinya.

Personal Project adalah salah satu asesmen jenjang SMA Cikal untuk melihat pengembangan diri dan perkembangan pembelajaran murid di SMA Cikal Surabaya. 

Dok. Sekolah Cikal Surabaya) Personal Project adalah salah satu asesmen jenjang SMA Cikal untuk melihat pengembangan diri dan perkembangan pembelajaran murid di SMA Cikal Surabaya.

Ia mengungkapkan, asesmen di Sekolah Cikal Surabaya dibuat untuk melihat pengembangan diri murid.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Gandeng Swasta untuk Asesmen Direksi-Komisaris BUMD

“Cikal Surabaya tidak mengukur kemampuan anak dari angka-angka atau nilai, melainkan proses dan perkembangan dari pembelajaran murid sendiri. Dengan begitu, asesmen ini mengukur perkembangan belajar murid secara utuh,” imbuhnya.

3. Membentuk murid memiliki perspektif global dengan nilai-nilai Indonesia

Salah satu keunggulan lainnya di Sekolah Cikal Surabaya adalah menerapkan pembelajaran yang mengasah kemampuan berpikir murid-muridnya secara global. Hal ini dilakukan dalam keseharian dan interaksi dengan menanamkan nilai-nilai budaya Indonesia.

Menurut Hasto, dalam praktiknya seluruh pembelajaran akan selalu menerapkan cara Cikal, yakni memberdayakan konteks agar cakupannya tak hanya dalam konteks yang kecil saja melainkan juga konteks masyarakat yang lebih besar.

Playground of Cikal merupakan pagelaran seni, budaya, dan juga selebrasi pemnbelajaran para murid dengan mengintegrasikan budaya Indonesia di Sekolah Cikal. DOK. Playground of Ujung Pandang (2019) Sekolah Cikal Surabaya Playground of Cikal merupakan pagelaran seni, budaya, dan juga selebrasi pemnbelajaran para murid dengan mengintegrasikan budaya Indonesia di Sekolah Cikal.

“Dalam praktiknya, murid selalu diajak untuk melihat masalah langsung secara kontekstual,” imbuhnya.

Dengan pengalaman pembelajaran yang bervariasi, lanjut dia, murid selalu diajak untuk bisa mengaitkan masalah sehari-hari dengan situasi global saat ini.

Hasto menyebutkan, salah satu contoh yang selalu dilakukan pihaknya adalah kegiatan Playground of Mataram.

Baca juga: Fungsi dan Pengaruh Pranata Kebudayaan di Masyarakat

Dalam kegiatan tersebut, murid diajak untuk mengeksplorasi berbagai sisi kebudayaan Mataram, dan bisa mengaitkan dengan situasi saat ini baik secara lokal maupun internasional.

Wakil Kepala Sekolah Cikal Surabaya Enita Wardhana menjelaskan, pada jenjang SMP hingga SMA Cikal kerap membangun kolaborasi dan interaksi dengan berbagai pihak secara global.

Kolaborasi tersebut dilakukan melalui pertukaran pelajar, bahkan mengikutsertakan murid SMP hingga SMA dalam kompetisi internasional. Hal ini merupakan cara Sekolah Cikal Surabaya mempersiapkan para murid untuk siap hadapi masa depan.

“Proyeksi masa depan murid tentu dapat sedini mungkin dipersiapkan oleh sekolah Cikal Surabaya agar mampu bersaing di masa depan,” imbuh Enita.

Namun, lanjut dia, kebutuhan murid untuk mampu berinteraksi secara global akan jauh lebih berkualitas ketika nilai-nilai budaya bangsa tidak ditinggalkan.

Baca juga: Wisatawan Bisa Belajar Budaya Sambil Berwisata di TMII Lewat Dendang Riang Lebaran

Enita mengungkapkan, perwujudan tersebut dapat dilihat melalui kemampuan murid dalam berkomunikasi secara global dengan konteks kehidupan atau nilai budaya setempat.

“Terlebih lagi ketika murid berbangga atas nilai-nilai budaya dan berhasil membawanya ke ranah global dari berbagai sisi,” ujarnya.

4. Memberikan kesempatan eksplorasi dan pendampingan minat hingga karier murid, khususnya jenjang SMP-SMA

Keunggulan lainnya yang membuat Sekolah Cikal Surabaya dikenal menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Surabaya adalah sekolah ini memberikan kesempatan eksplorasi dan juga pendampingan minat hingga karier murid, khususnya di jenjang SMP sampai SMA.

Enita Wardhana menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya memegang komitmen setiap anak adalah prioritas. Alhasil, pendampingan murid SMP hingga SMA untuk eksplorasi minat hingga karir akan selalu didampingi secara optimal.

“Kami selalu berupaya untuk fokus dalam membersamai eksplorasi murid terhadap potensi dirinya dan karir masa depannya secara utuh. Sekolah Cikal Surabaya tidak hanya membekali murid dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan karirnya,” jelasnya.

Baca juga: Sekolah Cikal Buka SD di Bandung, Ini Kurikulum, Program, dan Cara Pendaftarannya

Sekolah Cikal, lanjut Enita, juga memastikan kerja sama yang erat antara sekolah, orangtua serta murid dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat.

Dengan begitu, murid mampu menjadi pribadi yang bahagia dan siap menjadi bagian dari masyarakat global yang bermanfaat.

Dialog dan diskusi bersama Konselor mengenai minat dan bakat merupakan langkah optimalisasi minat, bakat, dan karir murid SMP-SMA Cikal Surabaya.Dok. Sekolah Cikal Surabaya Dialog dan diskusi bersama Konselor mengenai minat dan bakat merupakan langkah optimalisasi minat, bakat, dan karir murid SMP-SMA Cikal Surabaya.

Enita menyebutkan bahwa Sekolah Cikal Surabaya memiliki Strong Assessment yang bekerja sama dengan The Myers Briggs company, Singapura.

Kerja sama tersebut, kata dia, ditujukan untuk pemetaan minat, bakat, dan karier serta kegiatan Career Exploration bersama para alumni Sekolah Cikal dan dengan mengundang ahli.

“Murid di Sekolah Cikal jenjang SMP-SMA mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Strong Assesment bekerja sama dengan The Myers Briggs company, Singapura,” ucap Enita.

Tes minat bakat tersebut, lanjut dia, tidak hanya berhenti pada pemetaan minat dan bakat, melainkan sebuah langkah keberlanjutan untuk memastikan kebutuhan murid tercapai.

Baca juga: BRGM bersama Tim P5 Susun Sarana Edukasi tentang Ekosistem Gambut untuk Murid SMA/SMK

Enita menjelaskan, setelah sesi Strong Asesment konselor Sekolah Cikal Surabaya akan membangun percakapan dan dialog bersama orangtua dan murid langsung untuk pembuatan lini masa bersama yang disepakati.

Hal tersebut mencakup berbagai langkah persiapan, seperti eksplorasi dan penentuan kampus tujuan, diskusi pemilihan jurusan serta pemenuhan dokumen yang bersifat administratif.

5. Sekolah inklusi yang ramah nak, termasuk bagi ABK

Memprioritaskan anak sebagai pusat dari pendidikan, Sekolah Cikal Surabaya merupakan sekolah inklusi yang mengakomodasi pendidikan, pembelajaran dan pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus melalui Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya dari jenjang TK-SMA.

“Sebagai satuan pendidikan yang menerapkan inklusivitas, anak-anak berkebutuhan khusus dapat terpenuhi kebutuhannya dengan mengikuti program-program dari Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya," kata Enita.

Murid SMP hingga SMA yang memiliki kebutuhan belajar tertentu akan mendapatkan pendampingan intensif melalui program yang telah disepakati oleh murid, orangtua dan guru saat Personalized Curiculum Circle Talk (sesi diskusi dan dialog pemetaan program, akomodasi belajar, dan modi?kasi kurikulum ABK).

Baca juga: Kurikulum Merdeka buat Guru Jadi Lebih Kreatif

Sekolah Cikal Surabaya juga berkomitmen kuat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah untuk anak, lebih dari sekedar penyiapan instrumen sekolah ramah anak.

Dengan begitu, setiap anak dapat merasakan lingkungan belajar, bertumbuh, berkembang, berkarya dan berkreasi dengan nyaman, aman, dan bermakna.

Ingin mengenal kurikulum Cikal dan juga program-program belajar dari Sekolah Cikal Surabaya sebagai sekolah swasta nasional di Surabaya Barat?

Ayo segera buat janji temu dan visitasi melalui bit.ly/cikalcs.

Terkini Lainnya
Tertarik Sekolah Inklusi di Cikal? Ini 2 Laporan yang Wajib Disiapkan
Tertarik Sekolah Inklusi di Cikal? Ini 2 Laporan yang Wajib Disiapkan
Sekolah Cikal
Lewat Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Ajarkan Anak-anak Belajar dengan Bermain
Lewat Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Ajarkan Anak-anak Belajar dengan Bermain
Sekolah Cikal
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Sekolah Cikal
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
Sekolah Cikal
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Sekolah Cikal
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Sekolah Cikal
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Sekolah Cikal
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
Sekolah Cikal
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
Sekolah Cikal
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
Sekolah Cikal
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Sekolah Cikal
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
Sekolah Cikal
Sekolah Cikal Buka SD di Bandung, Ini Kurikulum, Program, dan Cara Pendaftarannya
Sekolah Cikal Buka SD di Bandung, Ini Kurikulum, Program, dan Cara Pendaftarannya
Sekolah Cikal
Bagikan artikel ini melalui
Oke