Rumah Main Cikal, Destinasi Terpercaya untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Kompas.com - 14/06/2024, 12:38 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Rumah Main Cikal berupaya memaksimalkan proses belajar dan perkembangan anak dengan menawarkan beragam program.DOK. Humas Sekolah Cikal Rumah Main Cikal berupaya memaksimalkan proses belajar dan perkembangan anak dengan menawarkan beragam program.

KOMPAS.com - Masa anak-anak usia dini adalah periode krusial dalam perkembangan mereka. Periode ini adalah waktu penting untuk memenuhi kebutuhan belajar dan bermain secara optimal.

Sadar akan kebutuhan tersebut, Rumah Main Cikal hadir sebagai destinasi terpercaya yang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan belajar dan bermain anak-anak usia dini, mulai dari usia 6 bulan hingga 4 tahun.

Rumah Main Cikal berupaya memaksimalkan proses belajar dan perkembangan anak dengan menawarkan beragam program yang disesuaikan dengan preferensi dan kenyamanan anak.

Program-program tersebut mencakup pilihan harian, bulanan, bahkan tahunan, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan setiap anak.

Baca juga: Cuti Ayah di UU KIA Dianggap Minim, Ketua Panja: Disesuaikan dengan Kebutuhan…

Kepala Rumah Main Cikal, Irene Puti Damayanti menyatakan bahwa Rumah Main Cikal sebagai pelopor institusi pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis kompetensi di Indonesia, telah memasuki usia ke-25 tahun dengan menawarkan berbagai program belajar.

Program belajar tersebut, seperti paket Adik-Adik, Kelas Reguler untuk Kakak-kakak hingga Pre-Kindie, After School Program, dan Cikal Pop Up Class. Program-program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat anak-anak di usia dini pada masa kini.

"Kami melihat bahwa kebutuhan orangtua saat ini cukup beragam. Ada yang menginginkan partisipasi dalam kegiatan yang rutin, berkala atau sekadar datang sesekali. Ada juga yang membutuhkan program reguler sesuai usia ada juga yang sesuai minat,” ucap Irene dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan beragam program yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan anak-anak di Rumah Main Cikal.

Baca juga: Lewat Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Ajarkan Anak-anak Belajar dengan Bermain

Pilihan program yang tersedia di Rumah Main Cikal juga disesuaikan dengan tujuan pendidikan yang diinginkan oleh setiap orangtua untuk anak-anak mereka.

Irene mengatakan bahwa Rumah Main Cikal akan memberikan rekomendasi setelah berdiskusi dengan orangtua murid anak usia dini.

"Kami mengembalikan tujuan awal orangtua saat memilih program. Setiap program yang dirancang Rumah Main Cikal memiliki tujuan yang sesuai dengan karakteristiknya sendiri, namun tetap konsisten dengan visi misi Cikal, yaitu kompetensi 5 bintang dan tahapan perkembangan setiap anak," tuturnya.

Untuk memastikan pengalaman belajar yang optimal, terukur, dan komprehensif, lanjut dia, Rumah Main Cikal merekomendasikan kepada orangtua untuk memilih program reguler yang sesuai dengan jenjang perkembangan anak mereka.

Baca juga: Begini Cara Perang Rugikan Perkembangan Anak-anak

Pilihan program belajar anak usia dini

Rumah Main Cikal menawarkan empat program belajar anak usia dini yang menjadi dasar dari proses pembelajaran berkelanjutan.DOK. Humas Sekolah Cikal Rumah Main Cikal menawarkan empat program belajar anak usia dini yang menjadi dasar dari proses pembelajaran berkelanjutan.

Rumah Main Cikal menawarkan empat program belajar anak usia dini yang menjadi dasar dari proses pembelajaran berkelanjutan.

Pertama, Adik-adik. Paket kelas ini diperuntukkan untuk anak-anak usia 10 bulan hingga 24 bulan. 

Anak-anak akan menghadiri 10 sesi pertemuan dengan durasi 60 menit di Rumah Main Cikal. Mereka juga akan mengikuti kegiatan field trip, mendapatkan laporan harian tentang perkembangan mereka, dan rasio kelas 1:5 (satu guru untuk lima anak).

Orangtua akan mendapatkan satu sesi konsultasi dengan guru dan pelatihan dengan psikolog ahli Rumah Main Cikal. Biaya program Adik-adik dimulai dari Rp 2,5 juta.

Baca juga: Capaian Pertamina pada 2023: Berhasil Jalankan Program Unlock Value Pengembangan Usaha

Kedua, Kakak-kakak hingga Pre-Kindie. Kelas Kakak-kakak ditujukan untuk anak-anak usia 24 bulan hingga 36 bulan, sedangkan Pre-Kindie diperuntukkan untuk anak-anak usia 36 bulan hingga 48 bulan.

Terdapat tiga sesi belajar tatap muka setiap minggunya, dua momen field trip, laporan mingguan dari guru, dan laporan perkembangan anak per semester.

Program Kakak-kakak hingga Pre-Kindie juga memiliki acara assembly atau selebrasi belajar jenjang anak usia dini. Acara ini memotret pengembangan diri anak dalam bentuk penampilan atau pertunjukkan yang berlangsung empat kali, portofolio murid, dan rasio kelas 1:6.

Orangtua akan mendapatkan dua pelatihan wajib, empat momen three ways conference atau momen diskusi tujuan belajar murid dan rencana belajar di jenjang berikutnya, dan biaya berbeda tergantung lokasi.

Baca juga: Pelajar Paket B Tewas Dikeroyok, Pelaku Emosi Dengar Pacar Dipukuli dan Diajak Ngamar

Biaya untuk paket kelas Kakak-Kakak hingga Pre-Kindie di Rumah Main Cikal Lebak Bulus dan Serpong sebesar Rp 9,2 juta untuk uang pangkal per tahun dan uang sekolah Rp 3,2 juta per bulan.

Sementara itu, di Rumah Main Cikal Bandung dan Surabaya, uang pangkal per tahunnya adalah Rp Rp 6,5 juta dengan uang sekolah per bulan sebesar Rp 2,8 juta.

Program ketiga adalah Cikal Pop Up Class. Program ini adalah kegiatan stimulasi menyenangkan untuk anak usia 6 bulan hingga 48 tahun.

Cikal Pop Up Class berlangsung satu kali pertemuan dengan durasi 60 menit. Dalam kegiatan ini, berbagai topik sensorik dan motorik anak diperkenalkan, seperti melukis, musik, dan aktivitas lainnya. Rasio antara pengajar dan anak adalah 1:6.

Baca juga: Pelaku Dugaan Penipuan Beasiswa S3 ke Filipina Bekerja Sebagai Pengajar di Kampus Jakarta

Biaya untuk mengikuti Cikal Pop Up Class di Rumah Main Cikal Lebak Bulus, Serpong, dan Surabaya adalah Rp 220.000 per pertemuan. Sementara itu, biaya untuk Rumah Main Cikal Bandung  sebesar Rp 195.000 per pertemuan.

Program terakhir yaitu Cikal After School. Program belajar ini ditujukan bagi anak berusia 24 bulan hingga 48 bulan dan berlangsung selama tiga bulan.

Program Cikal After School dilaksanakan sekali seminggu dengan durasi kelas selama 45 menit. Tema-tema yang diangkat dalam program ini mencakup Taman Bermain Musik, Seni dan Kerajinan, serta Pengenalan Al-Qur'an.

Selama program berlangsung, para orangtua akan mendapatkan satu sesi konsultasi dengan para guru. Biaya untuk mengikuti program Cikal After School adalah Rp 2,5 juta.

Rumah Main Cikal fokus pada minat anak usia dini

Rumah Main Cikal akan selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar dan bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.DOK. Humas Sekolah Cikal Rumah Main Cikal akan selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar dan bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

Pada kesempatan tersebut, Irene menegaskan bahwa Rumah Main Cikal akan selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar dan bermain yang menyenangkan bagi anak-anak mulai dari usia 6 bulan hingga 4 tahun.

"Berawal dari konsep taman bermain, Rumah Main Cikal berkomitmen untuk membuka sekolah bagi anak-anak usia dini mulai dari 6 bulan hingga 4 tahun," kata Irene.

"Kami ingin membentuk sebuah komunitas belajar yang mencerminkan nilai-nilai keluarga, di mana keterlibatan orangtua dan pendamping menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran anak," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa melalui pendekatan belajar yang unik dan para guru yang ahli di bidangnya, Rumah Main Cikal berusaha memenuhi kebutuhan belajar dan bermain anak usia dini serta berperan sebagai mitra pendidikan bagi para orangtua.

Baca juga: Kemendikbudristek: Visi Besar PPDB adalah Pemerataan Akses dan Kualitas Pendidikan bagi Semua Anak

"Kami berharap program-program kami dapat memenuhi kebutuhan perkembangan unik setiap anak sesuai minatnya. Kami ingin menjadi bagian dari proses tumbuh kembang setiap anak dan menjadi mitra atau bagian dalam pendidikan keluarga, terutama dalam lingkungan sekolah," tambahnya.

Apakah Anda ingin melihat keseruan anak bermain dan belajar di Rumah Main Cikal? Jika ya, segera buat janji temu, visitasi, atau trial di Rumah Main Cikal di lokasi-lokasi berikut.

  • Rumah Main Cikal Lebak Bulus

Rumah ini berlokasi di Jalan Lebak Bulus II Nomor 16A, Lebak Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Jakarta (DKJ) 12440

  • Rumah Main Cikal Serpong

Rumah ini berlokasi di Jalan Ciater Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten 15310.

  • Rumah Main Cikal Bandung

Rumah ini berlokasi di Jalan Ranggamalela Nomor 1, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) 40114.

  • Rumah Main Cikal Surabaya

Rumah ini berlokasi di Jalan Raya Lontar Nomor 103, Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) 60216.

Anda juga bisa menghubungi Cikal Customer Center di nomor +62 811-1051-1178 atau akses bit.ly/cikalcs.

Jangan lupa untuk mengunjungi media sosial (medsos) Instagram Rumah Main Cikal melalui @RumahMainCikal dan website Cikal di www.cikal.co.id.

Terkini Lainnya
Kembangkan Literasi Anak Sejak Dini, TK-SD Cikal Lebak Bulus Hadirkan Inovasi MRC dan Student Librarian
Kembangkan Literasi Anak Sejak Dini, TK-SD Cikal Lebak Bulus Hadirkan Inovasi MRC dan Student Librarian
Sekolah Cikal
Tertarik Sekolah Inklusi di Cikal? Ini 2 Laporan yang Wajib Disiapkan
Tertarik Sekolah Inklusi di Cikal? Ini 2 Laporan yang Wajib Disiapkan
Sekolah Cikal
Lewat Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Ajarkan Anak-anak Belajar dengan Bermain
Lewat Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Ajarkan Anak-anak Belajar dengan Bermain
Sekolah Cikal
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Sekolah Cikal
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
Sekolah Cikal
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Sekolah Cikal
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Sekolah Cikal
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Sekolah Cikal
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
Sekolah Cikal
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
Sekolah Cikal
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
Sekolah Cikal
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Sekolah Cikal
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
Sekolah Cikal
Bagikan artikel ini melalui
Oke