Sekolah Cikal Buka SD di Bandung, Ini Kurikulum, Program, dan Cara Pendaftarannya

Kompas.com - 17/04/2023, 19:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Sekolah Cikal Resmi Membuka jenjang SD di Sekolah Cikal Bandung. Dok. Cikal Bandung Sekolah Cikal Resmi Membuka jenjang SD di Sekolah Cikal Bandung.

KOMPAS.com – Cikal dikenal sebagai sekolah berbasis kompetensi yang menerapkan kurikulum personalisasi dan menerima siswa inklusif dengan kebutuhan khusus sejak usia dini.

Oleh karena itu, Cikal menjadi salah satu sekolah swasta impian yang diharapkan para orangtua untuk anak-anak mereka.

Baru-baru ini, Cikal meresmikan dan membuka jenjang sekolah dasar (SD) Sekolah Cikal Bandung pada Minggu (22/1/2023).

Head of Campus Cikal Ratih Saraswati mengungkapkan, pembukaan itu diharapkan menjawab keinginan orangtua menyekolahkan anaknya dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi dan dengan pendekatan personalisasi bagi setiap anak.

Berikut penjelasan lengkap terkait kurikulum, program unggulan, pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus yang dihadirkan, biaya, dan cara mendaftar SD Sekolah CIkal.

Baca juga: Lahirkan Pribadi Unggul Masa Depan, Sekolah Cikal Terapkan Pendidikan Berbasis Kompetensi

Kurikulum Sekolah Cikal di Bandung

Ratih mengatakan, Cikal adalah sekolah nasional yang menerapkan kurikulum Cikal, yakni Kompetensi 5 Bintang Cikal dan cara belajar-mengajar melalui 5Cs.

“Penerapan kurikulum Cikal tersebut terintegrasi dengan kurikulum nasional atau kurikulum Merdeka Belajar pendidikan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (17/4/2023).

Sebagai sekolah yang telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar sejak puluhan tahun yang lalu, implementasi kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Cikal berjalan dengan baik.

Baca juga: Tak Berorientasi Nilai, Ini Cara Sekolah Cikal Asah Kompetensi Murid

Ratih memastikan kurikulum SD Cikal Bandung akan sama dengan SD Cikal di lokasi lainnya.

Sekolah Cikal lain yang sudah menerapkan kurikulum tersebut, seperti SD Cikal Amri Setu di Jakarta Timur dan SD Cikal Serpong di Tangerang Selatan.

Program Unggulan di SD Cikal Bandung

Cikal sebagai sekolah berbasis kompetensi menawarkan berbagai program pilihan bagi setiap murid yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan kebutuhannya, termasuk untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Ratih menyebutkan, beberapa program unggulan yang sangat diminati murid di Sekolah Cikala, antara lain Cikal Aksi-Aksi dan Personal Social Education.

Cikal Aksi-Aksi merupakan program di bawah subprogram grup Service Learning di Sekolah Cikal.

Program itu bertujuan mengajarkan dan melatih murid agar lebih peka terhadap kebutuhan orang lain dan melakukan tindakan nyata bagi lingkungan sekitar maupun komunitas yang membutuhkan.

Baca juga: Personal Project Sekolah Cikal: Saat Materi Ujian Sesuai Minat Bakat Siswa

Kemudian, Personal Social Education merupakan salah satu program yang membantu anak mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri, hubungan dengan orang lain atau lingkungan yang berbeda, serta pengelolaan emosi yang sangat penting untuk kesuksesan belajar.

Selain dua program itu, anak-anak di Sekolah Cikal juga memiliki program favorit lainnya, yang mengakomodasi dan mendukung pengembangan minat, bakat, serta kebutuhan yang dapat dipilih dalam Personalised Curriculum Circle setiap anak.

Untuk informasi terkait program-program di Sekolah Cikal dapat diakses melalui tautan berikut.

Penggunaan Bahasa di SD Cikal Bandung

Ratih mengatakan, pembelajaran di Sekolah Cikal Bandung menerapkan penggunaan bahasa bilingual, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Dia menjelaskan, penggunaan dua bahasa itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi murid dalam komunitas global dan meningkatkan kepercayaan diri anak sebagai pelajar merdeka.

Baca juga: Cerita Guru Sekolah Cikal Terapkan Pembelajaran Daring Penuh Antusias

Terkait penerapan Bahasa Indonesia di jenjang SD Bandung hanya pada saat proses belajar mengajar di program Agama (Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, dan Hindu) dan Indonesian Acquisition.

Kemudian, penggunaan Bahasa Inggris dilakukan di setiap program, kecuali program Agama dan Indonesian Acquisition (dua program tersebut akan disesuaikan dengan penggunaan bahasa Indonesia).

Namun, bagi anak-anak yang berasal dari taman kanak-kanak (TK) yang berbahasa Indonesia lebih banyak, para pendidik SD Cikal Bandung akan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan anak.

Penerapan Program Agama di SD Cikal Bandung

(Sekolah Cikal Bandung Menghadirkan Pendidikan Inklusi Cikal untuk mengakomodasi pendidikan
anak berkebutuhan khusus. Dok. Sekolah Cikal Bandung (Sekolah Cikal Bandung Menghadirkan Pendidikan Inklusi Cikal untuk mengakomodasi pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Ratih menyebutkan, sebagai sekolah swasta nasional yang mengakomodasi berbagai agama dalam pembelajarannya, proses pembelajaran agama di Cikal tidak hanya bersifat teori saja.

Sebab, Sekolah Cikal akan mengajarkan penerapan agama dalam keseharian di komunitas belajar yang heterogen, termasuk di dalamnya memahami keberagaman.

Baca juga: Lewat Pameran Seni, Sekolah Cikal Dorong Siswa Berpikir Kreatif dan Inovatif

“Sekolah Cikal adalah sekolah umum yang memberikan pendidikan agama sesuai dengan agama murid,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kurikulum pelajaran agama yang tidak hanya membuat para murid mengenal ajaran agamanya, tapi juga bersikap dan berperilaku sesuai dengan ajaran agamanya.

“Dengan berada dalam komunitas belajar yang heterogen, anak-anak juga berlatih memahami perbedaan-perbedaan yang ada layaknya kondisi nyata di luar sekolah,” jelasnya.

Pendidikan Inklusi Cikal Bandung

Sekolah Cikal sebagai sekolah inklusi menghadirkan Pendidikan Inklusi Cikal untuk mengakomodasi dan mendukung proses belajar dan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (ABK).

Kampus Cikal Bandung, baik untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), TK, dan SD juga akan menghadirkan Pendidikan Inklusi Cikal Bandung.

Baca juga: PYP Sekolah Cikal, Mendorong Siswa Tidak Hanya Jago Berteori

Ratih mengungkapkan, berkaca dari keberhasilan penerapan lini pendidikan inklusif di Jakarta dan Surabaya, Pendidikan Inklusi Cikal juga akan hadir di Kota Bandung.

“Dengan begitu, anak-anak di Bandung yang membutuhkan pelayanan ini juga dapat dilayani dalam Pendidikan Inklusi Cikal Bandung,” ujarnya.

Pendekatan dan dukungan melalui akomodasi belajar dan modifikasi kurikulum bagi anak-anak berkebutuhan khusus akan diterapkan pula di Pendidikan Inklusi Cikal Bandung.

Lokasi Rumah Main Cikal Bandung dan SD Cikal Bandung

Kampus Cikal Bandung dulu terletak di Jalan Bengawan dan hanya mengakomodasi pendidikan jenjang PAUD dan TK di Rumah Main Cikal Bandung.

Kini, Cikal resmi menghadirkan jenjang SD Cikal Bandung dan kampus baru yang berlokasi di Jalan Ranggamalela Nomor 1, Bandung.

Baca juga: Proyek Akhir Tahun Sekolah Cikal, Ujian Tulis Tak Melulu Jadi Patokan

Ratih mengatakan, penggunaan kampus baru Cikal Bandung untuk jenjang PAUD di Rumah Main Cikal Bandung dan jenjang TK-SD Cikal Bandung dimulai sejak 24 Februari 2023.

Cara Pendaftaran dan Biaya SD Cikal Bandung

Untuk cara pendaftaran, orangtua dapat mengakses alur pendaftaran Cikal Bandung dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses admission.cikal.co.id.

2. Orangtua dapat mengecek ketersediaan kuota untuk SD Cikal Bandung di tahun ajaran yang diinginkan.

3. Lakukan login dengan menggunakan username dan password. Klik Register apabila belum membuat akun.

4. Lakukan pengisian data diri anak di form pendaftaran.

5. Setelah melakukan pengisian data diri, orangtua akan memperoleh email konfirmasi yang juga mencakup pembayaran pertama.

6. Lakukan pembayaran pertama pendaftaran anak setelah itu, unggah seluruh dokumen yang diminta di sistem pendaftaran.

7. Setelah mengunggah semua data dan dokumen yang diminta, Cikal akan menetapkan jadwal interview atau wawancara individual bagi anak dan juga orangtua, juga kebutuhan untuk psychological tests dan/atau observasi.

8. Jika anak diterima, orangtua akan menerima email konfirmasi penerimaan dan dokumen pembayaran kedua.

9. Lakukan pembayaran kedua atas pendaftaran yang dilakukan.

 10. Congratulations, you are officially a member of Cikal!

Janji Temu, Visitasi dan Trial Sekolah Cikal Bandung

Orangtua yang ingin mengunjungi Sekolah Cikal Bandung dapat membuat janji temu, visitasi, dan trial dengan menghubungi Cikal CS Center di +62 811-1051-1178 atau akses tautan berikut.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi akun media sosial Sekolah Cikal, yakni Instagram @RumahMainCikal dan laman cikal.co.id.

Terkini Lainnya
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Tumbuhkan Manusia Bertanggung Jawab, Sekolah Cikal Kenalkan Pendidikan SeksualitasĀ 
Sekolah Cikal
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
SMA Cikal Serpong Raih Akreditasi A, Peluang Siswa Masuk PTN Terbaik Indonesia Jadi Lebih Besar
Sekolah Cikal
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid
Sekolah Cikal
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Tidak Targetkan Kesempurnaan, Ini Cara Belajar TK dan SD Cikal Bandung
Sekolah Cikal
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya
Sekolah Cikal
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
SMP Cikal Surabaya Raih Akreditasi A dari BAN, Kepsek Paparkan Dampak Positifnya bagi Guru hingga Sekolah
Sekolah Cikal
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa
Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
3 Refleksi Penerapan Pameran Karya sebagai Asesmen Belajar Murid di Sekolah Cikal
Sekolah Cikal
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif
Sekolah Cikal
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Terapkan Play-Based Learning, Rumah Main Cikal Penuhi Kebutuhan dan Kompetensi Dasar Anak Usia Dini
Sekolah Cikal
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
5 Keunggulan Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP
Sekolah Cikal
5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Personalisasi
5 Keunggulan Sekolah Cikal Surabaya, Sekolah Swasta Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Personalisasi
Sekolah Cikal
5 Alasan Sekolah Inklusi Dibutuhkan oleh Anak Berkebutuhan Khusus
5 Alasan Sekolah Inklusi Dibutuhkan oleh Anak Berkebutuhan Khusus
Sekolah Cikal
Orangtua, Ini 3 Alasan Anak Usia Dini Perlu Sekolah dari Rumah Main Cikal
Orangtua, Ini 3 Alasan Anak Usia Dini Perlu Sekolah dari Rumah Main Cikal
Sekolah Cikal
Bagikan artikel ini melalui
Oke