Putera Sampoerna Foundation dan Pemprov Sultra Implementasikan Program Lighthouse School di Kota Baubau

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Senin, 31 Oktober 2022
Head of Program Implementation Putera Sampoerna Foundation (PSF) Yogiswara Wahyudyatmika dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Utara Asrun
Lio bersama jajaranya berfoto bersama usai Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Lighthouse School Program (LSP) Berasrama di Jakarta pada Kamis (17/10/2022).DOK. Putera Sampoerna Foundation (PSF) Head of Program Implementation Putera Sampoerna Foundation (PSF) Yogiswara Wahyudyatmika dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Utara Asrun Lio bersama jajaranya berfoto bersama usai Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Lighthouse School Program (LSP) Berasrama di Jakarta pada Kamis (17/10/2022).

KOMPAS.com - Putera Sampoerna Foundation (PSF) senantiasa berkomitmen untuk memperbaiki kualitas dan akses pendidikan di Indonesia melalui kerja sama dengan sejumlah mitra, mulai dari pemerintah hingga badan swasta nasional maupun internasional.

Komitmen itu salah satunya diwujudkan melalui implementasi program Lighthouse School Program (LSP) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Program ini dicetuskan PSF dengan menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Head of Program Implementation PSF Agastya Yogiswara Wahyudyatmika mengatakan, kerja sama pihaknya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Dinas Pendidikan Sultra merupakan bagian dari komitmen untuk memperbaiki kualitas dan akses pendidikan.

“Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Kota Baubau menjadi sekolah yang dinyatakan siap oleh pemda setempat sebagai penerima dan pendukung pelaksanaan program tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Melalui program tersebut, Agastya berharap, pihaknya dapat meningkatkan kualitas program pembelajaran dan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing global.

Baca juga: UT dan BKN Jalin Kerja Sama Tingkatkan SDM ASN Berkualitas

Pernyataan tersebut, ia sampaikan saat menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Lighthouse School Program Sekolah Berasrama bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio di Jakarta, Senin (17/10/2022).

LSP merupakan program intervensi di sekolah yang dilakukan secara intensif selama tiga tahun dalam rangka memenuhi Standar Nasional dan Standar LSP.

Adapun untuk meningkatkan kualitas sekolah dilakukan melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif dengan dukungan dari guru-guru berkualitas.

Selain itu, diterapkan pula praktik terbaik pembelajaran internasional di bidang STEM dan Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel.

Baca juga: Cek 8 Sekolah Kedinasan yang Terbuka bagi Lulusan IPA dan SMK

LSP memiliki visi untuk menjadikan sekolah binaannya menjadi sekolah panutan bagi tempat pendidikan di sekitarnya.

Sebagai institusi bisnis yang berfokus pada peran pendidikan dalam pembangunan bangsa, PSF telah melancarkan sejumlah inisiatif program pendidikan bersama dengan Pemprov Sultra sejak 2019.

Sebagai komitmen lebih lanjut, PSF dan Pemprov Sultra kembali berkolaborasi dalam program bantuan pendidikan strata 1 (S1) dan pembangunan sekolah bertaraf internasional di Kota Baubau, Sultra.

Berbagai kolaborasi tersebut dilakukan untuk menciptakan SDM unggul dan berdaya saing, guru berkualitas, dan manajemen sekolah yang mumpuni.

Baca juga: Jokowi Minta USU Cetak Mahasiswa dengan SDM yang Unggul

Sebelumnya, PSF telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Pemprov Sultra untuk Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University dan Lighthouse Program Sekolah Berasrama di Kota Baubau, Kamis (4/8/2022).

Kegiatan tersebut ditandatangani Head of Fundraising PSF Mutmainna Syahril dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asrun Lio yang juga merangkap sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra.

Kerja sama PSF dan Pemprov Sultra lainnya

Untuk diketahui, kerja sama antara PSF dan Pemprov Sultra pada 2022 juga mencakup pelepasan tujuh mahasiswa putra-putri terbaik asal Sultra untuk mengikuti summer program di University of Arizona (UA), Amerika Serikat (AS), pada 1 Juni sampai 13 Agustus 2022.

Sejumlah pihak, mulai dari Head of Fundraising PSF Mutmainna Syahril, Presiden Sampoerna University Marshall Schott, Koordinator Hubungan Internasional Sampoerna University Christian H Pangaribuan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio beserta jajaran turut mengantar anak-anak tersebut sampai ke UA.

Baca juga: Menaker bersama Presiden Jokowi Salurkan BSU kepada Pekerja di Sultra

Satu tahun sebelumnya, PSF dan Pemprov Sultra juga menandatangani PKS untuk program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2021/2022 dan Summer Program di University of Arizona pada 2 Mei 2021.

Sebanyak dua siswa dan siswi asal Sultra lolos dalam Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2021/2022.

Masih dalam perjanjian kerja sama, PSF dan Pemprov Sultra menyepakati PKS untuk program serupa pada 10 Juli 2020 dan berhasil mengantarkan lima siswa dan siswi asal Sultra dalam Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2020/2021.
[us1]

Pada 10 Juli 2020, PSF dan Pemprov Sultra menyepakati perjanjian ini dan berhasil mengantarkan lima siswa dan siswi asal Sultra dalam Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2020/2021.

Baca juga: Kemenag Buka Bantuan Pendidikan Islam hingga Rp 200 Juta, Ini Cara Daftar

Sebelumnya, PSF dan Pemprov Sultra sudah lebih dulu menandatangani PKS pada 2 Mei 2019 untuk Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2019/2020, Summer Program di University of Arizona, dan Program Teacher Learning Center (TLC).

Hasil dari perjanjian tersebut, PSF mengantarkan sebanyak tiga siswa dan siswi asal Sultra lolos dalam Program Bantuan Pendidikan di Sampoerna University Intake 2019/2020.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Edtech Tak Terelakkan, PSF Wadahi Pengembangan Karier Guru lewat Guru Binar
Edtech Tak Terelakkan, PSF Wadahi Pengembangan Karier Guru lewat Guru Binar
Putera Sampoerna Foundation
PSF Gandeng Pemkab Kubu Raya Gulirkan
PSF Gandeng Pemkab Kubu Raya Gulirkan "Pusat Guru Belajar" untuk Tingkatkan Kompetensi Guru
Putera Sampoerna Foundation
Orangtua, Ini 5 Cara Seru Melatih Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Sejak Dini
Orangtua, Ini 5 Cara Seru Melatih Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Sejak Dini
Putera Sampoerna Foundation