Mau Lulus Kuliah Langsung Kerja? Ini 10 Profesi Menjanjikan 4 Tahun Mendatang

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Senin, 30 Agustus 2021
10 profesi yang paling dicari di tahun 2025.DOK. Humas Universitas Nusa Mandiri 10 profesi yang paling dicari di tahun 2025.

KOMPAS.com – Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA), apakah sudah memiliki keinginan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah?

Apabila Anda ingin menempuh pendidikan tinggi, maka memilih jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang dari sekarang.

Sebab, memilih jurusan yang tepat sangat berpengaruh besar terhadap bidang pekerjaan Anda di masa depan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, penggunaan teknologi digital dalam kehidupan masyarakat semakin meningkat.

Baca juga: Ini Tips Gunakan Teknologi Digital Aman dan Sehat

Seiring dengan percepatan penggunaan teknologi digital, kondisi ini menyebabkan kebutuhan talenta di bidang teknologi juga kian mendesak. Utamanya di bidang seperti penggunaan robot dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia telah menerbitkan sebuah laporan mengenai prediksi pekerjaan apa saja yang paling banyak dicari pada 2025.

Laporan WEF menyebutkan, sekitar 84 persen bisnis berencana untuk mempercepat digitalisasi dalam proses kerja dan penggunaan alat digital, seperti konferensi video.

Dari hasil laporan tersebut, WEF memperkirakan pada 2025, manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Fokus Bangun SDM yang Mampu Kuasai Teknologi Digital

Dengan perkiraan itu, maka baik calon mahasiswa baru maupun lulusan sangat wajib meningkatkan skill agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi.

Ingin tahu skill profesi apa saja yang dibutuhkan saat empat tahun mendatang?
Menurut WEF berikut 10 profesi yang diprediksi semakin bersinar pada 2025.

1.  Data analyst atau analisis data

Bagi Anda yang berminat dengan profesi ini maka wajib tahu cara pemrosesan data dalam jumlah besar, baik itu pembersihan, analisis dan visualisasi.

Adapun tugas utama analisis data yaitu menemukan wawasan untuk mempromosikan pengembangan bisnis dari semua aspek. Dari hasil analisis ini, kemudian diserahkan kepada data engineer.

2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist 

Adanya revolusi industri 4.0, membuat profesi AI specialist atau spesialis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin semakin banyak dibutuhkan.

Sebab, pekerjaan ini diklaim mampu mengembangkan sistem keamanan berupa face recognition atau pengenalan wajah.

Face recognition berfungsi untuk membantu manusia dalam mengidentifikasi identitas seseorang berdasarkan wajah mereka.

Baca juga: Apple Bikin Kantor Baru demi Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

Tak hanya itu, teknologi AI juga memiliki beberapa cabang. Salah satunya machine learning yang berfokus pada pengembangan mesin agar dapat mempelajari sesuatu dengan sendirinya tanpa arahan dari manusia.

3. Big data specialist atau spesialis data besar

Profesi ini memungkinkan Anda berkutat dengan data-data dalam jumlah banyak.

Dari pengumpulan data berbagai sumber, big data specialist harus mengolah dan menganalisanya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Seperti diketahui, setiap orang bisa menghasilkan ribuan data per hari. Hasil data ini didapat dari penggunaan aplikasi, server, hingga device pribadi.

Oleh karenanya, diperlukan seorang big data specialist guna mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari data dalam jumlah besar di perusahaan.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan IoT Envion, Solusi Manajemen Energi Berbasis AI

Namun saat ini, tingginya kebutuhan profesi big data specialist masih belum diikuti dengan jumlah talenta yang tersedia.

4.  Digital marketing and strategy specialist 

Digital marketing and strategy specialist atau spesialis pemasaran dan strategi digital adalah profesi yang tidak jauh dari cara kerja kreatif dan strategis dengan menggunakan internet dan teknologi digital.

Adapun tugas digital marketer, yaitu untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan memelihara marketing campaign atau kampanye pemasaran.

Oleh karenanya, dibutuhkan pula pemahaman mengenai search engine optimization (SEO) maupun search engine marketing (SEM) dan komunikasi sebagai acuan utama seorang digital marketer.

5. Process automation specialist 

Bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai pengendali robot atau mesin secara digital, profesi ini mungkin sangat ideal untuk digeluti.

Process automation specialist atau spesialis otomatisasi proses merupakan spesialisasi yang memungkinkan Anda membuat hardware dan software yang dirancang sebagai diagnosis teknis.

Dengan begitu, orang di bidang ini diklaim mampu membuat sistem kontrol modern.

6. Business development professionals 

Dalam suatu perusahaan dibutuhkan seorang business development professionals atau profesional pengembangan bisnis agar mampu terus tumbuh secara maksimal.

Tanggung jawab seorang business development, di antaranya melakukan riset pasar, mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan dan memiliki pengetahuan di bidang perkembangan pasar maupun pesaing.

7. Digital transformation specialist 

 

Profesi Digital Transformation Specialist atau spesialis transformasi digital sangat diperlukan untuk mengubah proses suatu bisnis menjadi sebuah bisnis baru.

Untuk diketahui, pada 2022 mendatang perusahaan global yang bergerak di bidang teknologi diperkirakan akan melampaui 2,1 persen.

Peningkatan perusahaan global di bidang teknologi dapat menunjukkan bahwa pekerjaan transformasi digital begitu akan banyak dibutuhkan.

8. Information security analyst 

Seorang information security analyst atau analis keamanan informasi mengemban tugas untuk mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dalam sebuah instansi atau perusahaan.

Secara umum, analis keamanan informasi bertanggung jawab untuk mencegah kebocoran data hingga pencurian data yang dilakukan oleh hacker atau peretas.

Terlebih, maraknya ransomware membuat profesi analis keamanan informasi selalu dibutuhkan dalam setiap perusahaan. Hal ini guna menjaga data pribadi perusahaan dari serangan malicious software (malware) atau perangkat lunak berbahaya.

Baca juga: Serangan Ransomware Dilaporkan Naik 64 Persen dalam Setahun Terakhir

Untuk diketahui, ransomware merupakan jenis malware yang menyerang perangkat korban dengan mengenkripsi atau mengacak lalu mengunci data informasi pada file. Dengan pembekuan data informasi ini, maka file tidak dapat dibaca dan diakses.

9. Software and application developer 

Software and application developer atau pengembang perangkat lunak dan aplikasi merupakan pekerjaan paling populer di bidang information technology (IT) atau teknologi informasi. Profesi ini menjanjikan di masa kini, bahkan mungkin hingga ke depannya.

Pasalnya, mulai dari lembaga pemerintahan, bank, maupun organisasi sangat membutuhkan profesi tersebut.

Sebab, software atau application developer berperan dalam membuat dan menguji aplikasi yang telah didesain khusus untuk perangkat electronic computing atau komputasi elektronik.

10. Internet of things (IoT) specialist

Pekerjaan IoT specialist dibutuhkan untuk mengawasi hasil transformasi digital guna menunjang kapabilitas perusahaan melalui teknologi.

Selain 10 daftar profesi di atas, pada 2025 mendatang, profesi pada sektor jasa terutama dalam lingkup interaksi manusia juga diprediksi akan bersinar.

Adapun profesi itu, di antaranya marketing, sales dan content production atau produksi konten.

Dari hasil survei tersebut diharapkan tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga peluang bagi Anda, terutama para generasi muda untuk terus berkarya serta mempelajari hal-hal baru demi meraih masa depan yang lebih cemerlang.

Baca juga: Dosen UII Beberkan 5 Tips Mengelola Keuangan bagi Generasi Muda

Masa depan cemerlang sendiri dapat Anda miliki dengan memilih salah satu dari beberapa skill profesi di bidang teknologi.

Apabila sudah memiliki pandangan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan tempat atau perguruan tinggi yang sesuai.

Terdapat banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan program studi yang menunjang karier tersebut, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Adapun salah satu perguruan tinggi kredibel yaitu Universitas Nusa Mandiri ( UNM). Universitas ini menyediakan berbagai jurusan di dunia digital, di antaranya Ilmu Komputer untuk Strata Dua (S2), Teknik Informatika Strata Satu (S1), Sain Data (S1) dan Bisnis Digital (S1).

Baca juga: Go International, Mahasiswa UNM Ini Masuk 10 Besar Talent Hunt Sparklers Summit 2021

Tak hanya itu, bagi lulusan ahli madya Diploma Tiga (D3) yang ingin melanjutkan transfer ke S1 dapat memilih jurusan sistem informasi dan teknik informatika.

Apabila tertarik untuk menjadi mahasiswa UNM, Anda Anda hanya perlu mendaftar secara online menggunakan aplikasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) UNM berbasis Android.

Aplikasi PMB UNM dapat diunduh melalui Google Play atauscan quick response (QR) code di halaman website https://pmb.nusamandiri.ac.id/pmb2021/.

 

 

PenulisDwi Nur Hayati
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Ini 3 Profesi Paling Dicari dan Dibutuhkan, Tapi Masih Sepi Peminat
Ini 3 Profesi Paling Dicari dan Dibutuhkan, Tapi Masih Sepi Peminat
Universitas Nusa Mandiri
Berkat Inovasi
Berkat Inovasi "Zivar.IoT", Mahasiswa UNM Lolos Penyisihan Kompetisi IEEE YESIST12
Universitas Nusa Mandiri
Go International, Mahasiswa UNM Ini Masuk 10 Besar Talent Hunt Sparklers Summit 2021
Go International, Mahasiswa UNM Ini Masuk 10 Besar Talent Hunt Sparklers Summit 2021
Universitas Nusa Mandiri
Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia
Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia
Universitas Nusa Mandiri
Tahun 2025, Lima Prodi dan Pekerjaan Ini Bakal Paling Banyak Dicari
Tahun 2025, Lima Prodi dan Pekerjaan Ini Bakal Paling Banyak Dicari
Universitas Nusa Mandiri
Mendunia, Mahasiswa UNM Raih Gelar
Mendunia, Mahasiswa UNM Raih Gelar "PostPap Terbaik" di Kompetisi IMUN
Universitas Nusa Mandiri
Ini 5 Prodi Paling Diminati Selama Masa Pandemi Covid-19
Ini 5 Prodi Paling Diminati Selama Masa Pandemi Covid-19
Universitas Nusa Mandiri
Lewat Program BTS, UNM Bantu Mahasiswa Raih Impian
Lewat Program BTS, UNM Bantu Mahasiswa Raih Impian
Universitas Nusa Mandiri
10 Peluang Karier Bidang Bisnis Digital Paling Dicari di Masa Depan
10 Peluang Karier Bidang Bisnis Digital Paling Dicari di Masa Depan
Universitas Nusa Mandiri
Rektor UNM: Lulusan Jurusan Sains Data Banyak Dincar Perusahaan
Rektor UNM: Lulusan Jurusan Sains Data Banyak Dincar Perusahaan
Universitas Nusa Mandiri
Karena Punya Peran Penting di Era Society 5.0, UNM Buka Prodi Ilmu Manajemen
Karena Punya Peran Penting di Era Society 5.0, UNM Buka Prodi Ilmu Manajemen
Universitas Nusa Mandiri
Meski Pandemi, Masyarakat Bisa Jadi Sarjana dengan Kuliah dari Rumah
Meski Pandemi, Masyarakat Bisa Jadi Sarjana dengan Kuliah dari Rumah
Universitas Nusa Mandiri
Ingin Kuliah Jurusan IT? Rektor UNM: Kami Memberi Beasiswa Total Rp 2 Miliar
Ingin Kuliah Jurusan IT? Rektor UNM: Kami Memberi Beasiswa Total Rp 2 Miliar
Universitas Nusa Mandiri
Dukung Era Society 5.0, Rektor UNM Harap Ahli Ilmu Komputer Ciptakan Inovasi Terbarukan
Dukung Era Society 5.0, Rektor UNM Harap Ahli Ilmu Komputer Ciptakan Inovasi Terbarukan
Universitas Nusa Mandiri