Luar Biasa, FH Unika Atma Jaya Raih Akreditasi Internasional FIBAA 

Kompas.com - 11/10/2024, 15:38 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). 
DOK. Humas Unika Atma Jaya Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

 

KOMPAS.com - Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation ( FIBAA). 

Dekan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Asmin Fransiska mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas perolehan akreditasi internasional FIBAA tersebut.

“Perolehan akreditasi internasional ini menunjukkan bahwa kualitas mahasiswa dan lulusan FH Unika Atma Jaya memiliki posisi penting di level Internasional,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (11/10/2024).

Dia menyebutkan, kualitas itu tergambar dari pembentukan kurikulum, mutu, dan proses mahasiswa masuk hingga keluar yang berjalan dengan standar maksimum. 

“Selain itu, akreditasi ini juga membuktikan majunya kualitas layanan dan lingkungan kerja akademik dan administrasi,” ungkapnya.

Adapun program studi S1 dan S2 FH Unika Atma Jaya berhasil memperoleh FIBAA yang berlaku hingga lima tahun ke depan. 

Baca juga: Unika Atma Jaya Resmikan Ruang Terbuka Hijau, Wujudkan Komitmen Kampus Berkelanjutan

Untuk diketahui, FIBAA merupakan sebuah badan akreditasi internasional yang dapat memberikan penilaian atas standar mutu dan kualitas perguruan tinggi.

FIBAA memiliki lima standar minimum. Pertama, tujuan program studi. Kedua, proses hingga mekanisme penerimaan mahasiswa. Ketiga isi dan struktur kurikulum dan konsep didaktikal. 

Keempat, lingkungan akademik dan kondisi kerja. Kelima, penjaminan mutu dan dokumentasi program.

Proses akreditasi FIBAA menjadi sebuah refleksi bagi FH Unika Atma Jaya mengenai pentingnya memastikan tim bekerja dengan tujuan yang sama, yaitu unggul dalam kualitas pendidikan dan membangun kemitraan yang kuat dan saling percaya dengan dosen dan mitra kerja FH. 

Akreditasi Internasional FIBAA bertujuan menghasilkan banyak keberhasilan yang menguntungkan bagi FH. 

Salah satunya, memposisikan FH Unika Atma Jaya agar sejajar dengan berbagai FH di lingkungan Asia Tenggara dan Asia yang memiliki standar internasional.  

Baca juga: Sivitas Akademika Unika Atma Jaya Sambut Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus

Dengan mengikuti akreditasi itu, FH Unika Atma Jaya juga mendapatkan beberapa masukan konstruktif dari para penilai yang baik untuk ditindaklanjuti. 

FH Unika Atma Jaya pun bangga dan mempersembahkan pencapaian itu kepada seluruh sivitas Unika Atma Jaya dengan harapan akan menjadi pendorong untuk semakin giat bekerja, belajar, dan bermitra.

Hal itu dilakukan untuk kemajuan dunia akademik sesuai dengan nilai-nilai Unika Atma Jaya, yaitu Kristiani, Unggul, Professional, dan Peduli (KUPP). 

Melalui pencapaian ini, FH Unika Atma Jaya akan terus meningkatkan berbagai layanan, mutu, dan lingkungan kerja dan belajar kian profesional dan unggul. 

Perolehan akreditasi internasional itu juga menjadi modal utama kami dalam mencapai keunggulan di tingkat nasional dengan fokus Akreditasi Nasional. 

Baca juga: FGD Unika Atma Jaya Tegaskan Perlu Langkah Mitigasi Sampah Luar Angkasa

Terkini Lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke