7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Bergaji Tinggi

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Selasa, 9 November 2021
Gaji dan prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi.DOK. Humas Universitas BSI Gaji dan prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi.

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan di perguruan tinggi memiliki peluang besar untuk kesuksesan karir Anda selanjutnya.

Akan tetapi, memilih jurusan kuliah juga penting sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat secara langsung.

Terdapat banyak jurusan kuliah yang dapat melatih Anda menjadi pribadi yang lebih matang, tidak hanya dari sisi keahlian tetapi juga karakter. Salah satunya adalah jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom).

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Prodi yang Paling Diminati

Secara garis besar, jurusan tersebut termasuk bidang studi yang mempelajari komunikasi dari berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan, komunikasi interkultural, media massa hingga seni.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa konsentrasi seperti digital public relation, jurnalistik, televisi (TV), dan film, serta performing arts communication.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih kuliah di jurusan ini, setidaknya calon mahasiswa memiliki kemampuan dasar, yaitu public speaking yang baik.

Melalui skill public speaking, calon mahasiswa dituntut untuk menyampaikan informasi secara efisien dan baik, sehingga para audiens dapat memahami dan menerima informasi tersebut.

Baca juga: Kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 Selesai, Kemenkominfo Gelar Prosesi Kelulusan Virtual

Selain itu, memiliki skill marketing, videografi, fotografi hingga desain grafis menjadi nilai tambah yang akan berguna dalam dunia kerja nantinya.

Terlebih perkembangan media di Indonesia saat ini tergolong cepat, sehingga membuat peluang karier atau prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi sangat terbuka lebar.

Hampir semua bidang perusahaan hingga pemerintahan membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi dengan harapan mampu membuat media komunikasi yang efektif.

Terdapat keuntungan apabila calon mahasiswa memiliki skill yang sudah disebutkan di atas tersebut. Dengan skill ini, mahasiswa dapat semakin fokus untuk berkonsentrasi terhadap peminatan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Seperti contoh, jika mahasiswa memiliki skill menulis, public speaking, dan bisa beradaptasi yang baik, maka mereka hanya perlu berkonsentrasi untuk mendapatkan pekerjaan sebagai jurnalis atau wartawan media massa.

Nah, sebelum mengetahui prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi lebih lanjut, sebagai lulusan jurusan ini Anda juga harus tahu berapa kisaran gaji yang akan diterima pada setiap profesi pekerjaan.

Gaji merupakan hal yang pelik untuk dibicarakan. Bahkan beberapa orang memilih untuk diam dan menyembunyikan jumlah gaji yang mereka peroleh.

Meski demikian, jangan sampai Anda menggeluti dunia kerja hanya memperoleh lelahnya saja dan tidak sesuai dengan gaji yang diperoleh.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Kiat Persiapan Wawancara Kerja

Gaji menjadi salah satu hal utama yang akan dibahas saat Anda mengikuti wawancara kerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda melakukan riset terlebih dahulu pada beberapa perusahaan.

Sebab, bagian Human Resources Development (HRD) atau personalia akan menanyakan kisaran gaji yang diharapkan. Untuk menghadapi kondisi ini, Anda bisa menjawab dengan percaya diri berapa kisaran gaji sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.

Dirangkum Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dari berbagai sumber, berikut kisaran gaji dan prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

1. Jurnalis atau wartawan

Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki kaitan yang erat dengan dunia jurnalistik.

Jurnalistik merupakan cara mengolah sebuah informasi agar menjadi nilai berita untuk disampaikan kepada publik.

Informasi yang dikumpulkan bisa berupa pengumpulan data-data sebuah fenomena, kemudian dilanjutkan dengan teknik penyebaran berita.

Untuk itu, jurnalis atau wartawan harus memiliki inovasi dalam menciptakan karya jurnalistik agar dapat memengaruhi masyarakat hingga dunia hiburan.

Baca juga: Apresiasi Insan Pers, Anugerah Jurnalistik Pertamina Kembali Digelar

Berdasarkan ketetapan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), upah layak bagi jurnalis di Jakarta pada 2021 sebesar Rp 8.366.220 per bulan. Jumlah ini sudah disesuaikan dengan survei dan perhitungan kebutuhan para jurnalis setiap bulannya.

2. Public relation

Public relation merupakan orang yang bertugas untuk menjembatani informasi dan komunikasi antara perusahaan dengan publik.

Di Indonesia, public relation lebih dikenal sebagai hubungan masyarakat atau humas yang aktif berkomunikasi untuk mewakili perusahaan dengan klien, seperti mengelola event, membuat press release, dan mengelola reputasi perusahaan.

Baca juga: Public Relation Honda Motor Terbaik se-Indonesia

Skill utama yang harus dimiliki oleh seorang public relation adalah public speaking yang baik.

Sebab, public speaking bermanfaat untuk meyakinkan para klien agar menerima informasi perusahaan tersebut secara tepat dan benar.

Dilansir dari Attraction Jobstreet Indonesia pada 2019, kisaran gaji public relation sebagai Junior Staff sebesar Rp 5,2 juta per bulan.

Sementara itu, untuk level Senior Management besaran gaji yang diperoleh adalah Rp 28,9 juta per bulan.

Baca juga: Marketing atau Public Relation Pilihan Anda?

3. YouTuber

Kemajuan dunia internet yang sangat cepat, mengundang kemunculan orang-orang kreatif untuk menampilkan diri mereka di media online, salah satunya melalui platform YouTube.

Banyak dari orang-orang kreatif ini menjajal profesi baru sebagai YouTuber. YouTuber merupakan sebutan bagi orang yang menggeluti profesi di media YouTube dengan menampilkan konten-konten hiburan, edukasi, informasi, hingga life daily.

Tak hanya orang biasa, ada banyak selebriti terkenal juga muncul meramaikan kanal video streaming YouTube. Salah satunya, Atta Halilintar yang memiliki channel pribadi bernama AH dengan jumlah subscribers sebanyak 28 juta.

Dilansir dari Kompas.com, penghasilan Atta Halilintar dari channel AH tergolong fantastis karena menembus angka Rp 385 juta hingga Rp 6,16 miliar per bulan.

Baca juga: Sekolah sampai SMP, Atta Halilintar: Kalau Kalian Disekolahkan Orangtua, Bersyukur

4. Sutradara

Seperti diketahui, maraknya industri perfilman di tanah air membuat profesi sutradara semakin digandrungi oleh generasi muda.

Seorang sutradara memiliki peran vital sebagai pengarah sebuah film agar sesuai dengan skenario dan mengawal para kru film serta artis sesuai dengan arahannya.

Sutradara bekerja sama dengan para kru film untuk memastikan semua skenario, agar sesuai dengan dunia nyata. Hal ini melingkupi kostum, makeup, fotografi, penata kamera, hingga talent.

Jurusan Ilmu Komunikasi pun memiliki relevansi dalam bidang televisi dan film, sehingga tidak awam apabila mahasiswa ikut diajarkan teknik pengetahuan serta pembuatan film hingga program siaran televisi.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Dikutip dari Kreatifproduction.com, kisaran gaji seorang sutradara mencapai Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.

5. Copywriter

Copywriter menjadi salah satu profesi penting dalam dunia marketing. Profesi ini dituntut handal dalam mempromosikan produk atau jasa di sebuah perusahaan.

Naskah dari seorang copywriter harus memiliki sifat persuasif dan mampu memengaruhi para pembaca. Naskah yang dibuat dapat berupa tulisan panjang seperti artikel ataupun naskah pendek seperti iklan biasa.

Tak hanya itu, copywriter harus mengetahui analisis konten, seperti search engine optimization (SEO) harga produk atau jasa yang ditawarkan sehingga dapat menarik pembaca dan mengajak mereka untuk mengenal produk dan jasa secara lebih detail.

Baca juga: Copywriter, Profesi yang Selalu Diintai Stres

Dikutip dari Indeed.com, gaji seorang copywriter di Indonesia berkisar mulai Rp 3,8 juta hingga Rp 6,6 juta.

6. MC

Tidak kalah keren, Master of Ceremonies (MC) atau presenter juga merupakan salah satu prospek kerja di jurusan Ilmu Komunikasi.

MC dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab memandu acara dalam suatu kegiatan. Profesi ini bisa menjadi pekerjaan resmi ataupun sampingan sambil mengisi waktu luang.

Akan tetapi, dibutuhkan kecakapan public speaking, teknik vokal, berwawasan luas, humoris, sebagai modal utama bagi profesi MC.

Sebab, salah satu kunci dari kesuksesan sebuah acara terdapat pada pemilihan MC yang tepat.

Baca juga: 50 Cent Menawarkan Diri Jadi Presenter Top Gear

Bahkan, TV Nasional pun rela memberikan honor yang mahal kepada presenter top yang memiliki potensi untuk meningkatkan rating televisi.

Sebut saja Raffi Ahmad, artis yang sering berseliweran di acara TV tersebut bisa meraup pendapatan kisaran Rp 150 juta untuk satu episode saja.

Berdasarkan kategori MC di olx.co.id, kisaran harga yang ditawarkan untuk satu kali memandu acara pernikahan, lamaran, dan ulang tahun sebesar Rp. 700.000.

Apabila jumlah tersebut di total dalam sebulan dengan kuota setiap hari sebagai pemandu acara, seorang MC dapat mengantongi uang puluhan juta rupiah per bulan.

Baca juga: Webinar Unesa: Ini Tips Jadi MC yang Pintar

7. Creative director

Prospek kerja terakhir adalah creative director. Seorang creative director bertanggung jawab untuk mengatur hubungan tim kreatif dengan tim lain dalam memberikan saran agar sesuai dengan kebutuhan tim saat memproduksi sebuah konten.

Tak hanya itu, creative director juga harus mampu mengoordinasi tim kreatif dalam proses produksi konten.

Adapun skill yang harus dimiliki creative director adalah punya sifat kreatif dan leadership mumpuni.. Terlebih dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan semua rencana dan keputusan dengan tepat.

Dikutip dari Indeed.com, rata-rata gaji seorang creative director mencapai Rp 8.323.686 per bulan.

Baca juga: Sekarang, Giliran Salvatore Ferragamo Kehilangan “Creative Director”

Apakah sudah paham dengan gaji dan prospek kerja di jurusan Ilmu Komunikasi?

Dari ketujuh prospek tersebut bisa dapat Anda tekuni salah satunya, tetapi harus diikuti dengan kemampuan digital dalam meningkatkan eksistensi keterampilan.

Salah satu cara untuk mendapatkan dan mengasah kemampuan dan keterampilan digital adalah dengan menempuh pendidikan tinggi.

Untuk itu, generasi muda harus memilih kampus yang tepat dalam menentukan jurusan Ilmu Komunikasi.

Namun tenang, Anda tidak perlu bingung karena Universitas BSI hadir memberikan peluang emas kepada lulusannya untuk meningkatkan keterampilan di bidang Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Berkat Ini, Universitas BSI Masuk 6 Besar Perguruan Tinggi Lulusan Terbanyak

Terlebih Ilmu Komunikasi di BSI memiliki beberapa mata kuliah yang sesuai dengan teknologi, yakni digital business media, creative video digital, dan sosiologi komunikasi.

Universitas BSI membuka pendaftaran gelombang satu untuk periode kuliah pada Maret 2022. Pendaftaran ini sudah dibuka sejak Jumat (1/10/2021) hingga Rabu (1/12/2021.

Apabila tidak ingin ribet, Anda bisa mendaftar melalui laman bsi.pmbonline.id atau lewat aplikasi PMB UBSI yang bisa diunduh di Playstore.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Fresh Graduate Wajib Tahu, Berikut 10 Tips Cepat Dapat Kerja
Fresh Graduate Wajib Tahu, Berikut 10 Tips Cepat Dapat Kerja
Universitas BSI
10 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar
10 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar
Universitas BSI
10 Peluang Kerja Bagi Gen Z dan Prodi Kuliah yang Sesuai
10 Peluang Kerja Bagi Gen Z dan Prodi Kuliah yang Sesuai
Universitas BSI
Jarang Dipilih, Jurusan Teknik Elektro Justru Punya Peluang Kerja Besar
Jarang Dipilih, Jurusan Teknik Elektro Justru Punya Peluang Kerja Besar
Universitas BSI
Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja
Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja
Universitas BSI
Prospek Kerja dan Besaran Gaji Lulusan Jurusan Sistem Informasi
Prospek Kerja dan Besaran Gaji Lulusan Jurusan Sistem Informasi
Universitas BSI
Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet
Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet
Universitas BSI
Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?
Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?
Universitas BSI
Apa Itu Gap Year? Yuk Kenali Alasan dan Solusinya
Apa Itu Gap Year? Yuk Kenali Alasan dan Solusinya
Universitas BSI
Cocok untuk Calon Mahasiswi, 5 Jurusan Teknik Ini Punya Prospek Kerja Menjanjikan
Cocok untuk Calon Mahasiswi, 5 Jurusan Teknik Ini Punya Prospek Kerja Menjanjikan
Universitas BSI
Tawarkan Prospek Kerja Menjanjikan, 3 Jurusan Kuliah Ini Diminati Banyak Mahasiswa
Tawarkan Prospek Kerja Menjanjikan, 3 Jurusan Kuliah Ini Diminati Banyak Mahasiswa
Universitas BSI
Belum Dapat Tempat Kuliah, Universitas BSI Masih Buka Pendaftaran Gelombang Khusus
Belum Dapat Tempat Kuliah, Universitas BSI Masih Buka Pendaftaran Gelombang Khusus
Universitas BSI
Ini 3 Alasan IT Jadi Jurusan Paling Tepat pada Abad Ke-21
Ini 3 Alasan IT Jadi Jurusan Paling Tepat pada Abad Ke-21
Universitas BSI
3 Keuntungan Kuliah Jurusan Akuntansi, Salah Satunya Peluang Kerja Terbuka Lebar
3 Keuntungan Kuliah Jurusan Akuntansi, Salah Satunya Peluang Kerja Terbuka Lebar
Universitas BSI