10 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar

Alifia Nuralita Rezqiana
Kompas.com - Kamis, 28 Oktober 2021
Ilustrasi bahasa pemrograman terpopulerDOK. Humas Universitas BSI Ilustrasi bahasa pemrograman terpopuler

KOMPAS.com – Bahasa pemrograman adalah instruksi yang terdiri dari banyak baris kode yang dibuat manusia agar dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa ini menjadi penghubung antara manusia dan komputer supaya dapat berinteraksi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, bahasa pemrograman semakin dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi yang ada.

Untuk itu, penguasaan bahasa pemrograman menjadi penting untuk memberikan fleksibilitas karier.

Bagi Anda yang tertarik mempelajarinya atau ingin bekerja di bidang teknologi informasi (IT), berikut sepuluh bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia, menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan melalui berbagai jenis platform, seperti personal komputer (PC) atau smartphone.

Jawa diciptakan oleh James Gosling saat ia masih bekerja di Sun Microsystems. Menariknya, nama “Java” terinspirasi dari kopi murni asal Pulau Jawa yang dinikmati James Gosling.

Kini, Jawa menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler dan telah digunakan pada lebih dari 15 miliar perangkat komputer di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, berbagai aplikasi berbasis Android juga menggunakan bahasa pemrograman Java. Bahkan, 90 persen perusahaan Fortune 500 menggunakan Java untuk mengembangkan sistem backend dan aplikasi desktop.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan MIPA Terbaik di Indonesia 2022

2. C++

C++ adalah pembaruan dari bahasa pemrograman C yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia.

Perbedaan antara keduanya terdapat pada caranya menyelesaikan sebuah masalah. Pada bahasa pemrograman C, masalah akan selesai dengan melakukan tahap prosedural, yaitu kode akan terbagi menjadi sub-sub masalah yang lebih kecil.

Sementara itu, pada pemrograman C++, penyelesaian masalah lebih terpusat kepada obyek. Setiap masalah yang ada akan terbagi ke dalam beberapa class.

Karena kemampuan mutakhirnya, bahasa pemrograman yang dikembangkan Bjarne Stroustrup ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Adobe dan Mozilla Firefox.

3. Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat mesin penelusur atau mesin pencarian seperti Internet Explore dan Opera.

Bahasa pemrograman ini sangat populer karena memiliki berbagai alat atau tools minimalis yang efektif untuk keperluan sehari-hari, terutama guna memeriksa hasil coding.

Contoh tools yang ada di badan JavaScript adalah pengembangan hypertext markup language (HTML) dan cascading style sheets (CSS).

Dengan kemampuan kedua tools tersebut, JavaScript banyak digunakan untuk mengambangkan aplikasi mobile, game, hingga aplikasi dekstop.

Baca juga: Bahasa Pemrograman: Pengertian, Fungsi, Tingkat, dan Macamnya

4. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang pertama kali diluncurkan Apple pada World Wide Developer Conference (WWDC) 2014. Komponen fondasi Swift terletak pada compiler LLVM dan Xcode.

Apple, selaku perusahaan induk Swift membuat bahasa pemrograman terpopuler di kalangan pekerja yang bekerja menggunakan perangkat Apple.

Bahasa pemrograman ini menjadi pilihan tepat jika target audience perusahaan adalah pengguna Apple.

Selain produk-produk Apple, salah satu aplikasi terkenal yang menggunakan Swift adalah aplikasi fotografi VSCO Cam.

5. Dart

Dart adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Saat ini, Dart sedang populer lantaran mampu memenuhi kebutuhan untuk membuat aplikasi android atau mobile, front-end, web, internet of things (IoT), back-end (CLI), dan game.

Bahasa pemrograman ini menerapkan konsep pemrograman yang berorientasi pada objek, sama seperti C++. Dart juga menggunakan C-Style syntax sehingga mekanismenya mirip seperti bahasa pemrograman C, Java, Javascript, dan Swift.

Dart menjadi bahasa pemrograman yang wajib dikuasai untuk mengembangkan aplikasi Flutter. Dengan Dart, Anda hanya perlu satu codebase untuk dapat mengembangkan aplikasi di berbagai platform seperti website, Android, dan iOS.

Adapun bahasa Dart dirancang agar familier dengan bahasa pemrograman lain, sehingga mereka yang sudah mengerti bahasa pemrograman lain akan mudah memulai perjalanannya sebagai developer.

Untuk diketahui, penggunaan Dart termasuk open source alias gratis. Bahasa pemrograman ini optimal untuk mengembangkan user interface (UI) berbagai platform secara cepat dan produktif pada.

6. Ruby

Dalam dunia pengembangan web, Ruby menjadi salah satu jenis bahasa pemrograman yang kerap digunakan para pengembang atau developer.

Saat ini, Ruby menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, Ruby menjadi populer lantaran memiliki komunitas pengguna dengan reputasi baik. Selain paling ramah, komunitas pengguna Ruby juga sangat membantu para pengembang.

Ruby juga menggunakan syntax yang sederhana dan cukup mudah digunakan bagi Anda yang baru terjun di dunia programming.

Baca juga: Diprotes Warga Tangerang, Google Tinjau Ulang Prosedur Pemetaan Street View

7. PHP

PHP adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang mencari bahasa pemrograman untuk website development.

Dengan server side scripting khusus website serta integrasi database yang mudah dipahami semua kalangan, PHP digunakan oleh 80 persen dari 10.000.000 website di dunia.

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf ini sering digunakan perusahaan ternama sebagai bahasa komando dalam content management system (CMS).

Beberapa perusahaan ternama yang menggunakan PHP antara lain WordPress, Facebook, Wikipedia, dan Digg.

8. Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada Mesin Virtual Java ataupun menggunakan compiler LLVM. Bahasa pemrograman ini juga dapat di-compile dalam bentuk kode sumber JavaScript.

Pengembang utama Kotlin berasal dari tim programer JetBrains yang bermarkas di Rusia. Tim pengembang menamakannya Kotlin lantaran terinspirasi dari nama sebuah pulau di Rusia, sama seperti Java yang terinspirasi dari Kopi asal Pulau Jawa.

Meskipun sintaksis Kotlin tidak kompatibel dengan bahasa Java, bahasa pemrograman ini tetap didesain untuk dapat bekerja sama dengan Java.

Setelah Google mengumumkan bahwa Kotlin menjadi bahasa kelas satu bagi Android, maka Kotlin bersama Java dan C++ menjadi bahasa resmi dalam pengembangan aplikasi Android.

Baca juga: 8 Universitas dengan Jurusan Bahasa Asing Terbaik di Indonesia

9. Python

Salah satu bahasa pemrograman yang wajib Anda pelajari untuk pengembangan science data adalah Python.

Python termasuk bahasa pemrograman yang praktis, sehingga banyak perusahaan menggunakannya, terutama perusahaan yang mengembangkan artificial intelligence (AI).

Selain itu, karena pustaka dokumentasi milik Python banyak membahas visualisasi data dalam jumlah besar menggunakan Matplotlib, Pandas, dan lainnya, tidak sedikit praktisi dunia teknologi yang menggunakan Python untuk memprogram aplikasi desktop.

Bahkan, berkat kemampuan dan kompatibilitasnya yang mumpuni, perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Yahoo!, Instagram, Pinterest, YouTube, dan Reddit, ikut menggunakan Python pada software mereka.

10. Go

Go atau yang juga dikenal sebagai Golang merupakan open source programming language yang didesain oleh Google.

Go menawarkan syntax yang bersih dan sederhana, sehingga mudah dipelajari. Selain itu, Go juga dilengkapi dengan dokumentasi dan blog lengkap untuk membantu Anda memahami bahasa pemrograman ini dengan cepat.

Sebagai informasi, brand ternama seperti Netflix, Dropbox, YouTube, dan SoundCloud memilih Golang untuk mengatasi tingginya angka pengguna yang mengakses situs atau aplikasi mereka.

Go menjadi bahasa pemrograman ideal untuk mengembangkan website e-commerce atau high-performance apps yang memiliki traffic tinggi.

Baca juga: Tertarik Jadi Pengusaha Kuliner, 7 Jurusan Kuliah Ini Jadi Pilihan

Nah, itulah sepuluh bahasa pemrograman terpopuler yang banyak digunakan perusahaan besar.

Jika tertarik mempelajari bahasa pemrograman pada jenjang perguruan tinggi, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dapat Anda jadikan pilihan.

Sebab, Universitas BSI merupakan salah satu kampus dengan jurusan IT terbaik di Indonesia.

Dengan mengenyam pendidikan tinggi di Universitas BSI, Anda dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman populer seperti Python, PHP, Dart, Java dan lainnya.

Untuk mempelajari banyak bahasa pemrograman, Anda dapat memilih jurusan di Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas BSI. Jurusan yang ada di fakultas ini antara lain Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Teknik Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Universitas BSI telah membuka pendaftaran mahasiswa baru bagi Anda yang ingin berkuliah pada periode Maret 2022.

Selain itu, pendaftaran mahasiswa baru gelombang I untuk periode kuliah September 2022 juga telah dibuka.

Apabila berminat untuk kuliah di Universitas BSI, Anda dapat mendaftarkan diri melalui laman https://bsi.pmbonline.id/ atau aplikasi PMB-UBSI yang tersedia di Play Store.

PenulisAlifia Nuralita Rezqiana
EditorAmalia Purnama Sari
Terkini Lainnya
Fresh Graduate Wajib Tahu, Berikut 10 Tips Cepat Dapat Kerja
Fresh Graduate Wajib Tahu, Berikut 10 Tips Cepat Dapat Kerja
Universitas BSI
7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Bergaji Tinggi
7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Bergaji Tinggi
Universitas BSI
10 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar
10 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar
Universitas BSI
10 Peluang Kerja Bagi Gen Z dan Prodi Kuliah yang Sesuai
10 Peluang Kerja Bagi Gen Z dan Prodi Kuliah yang Sesuai
Universitas BSI
Jarang Dipilih, Jurusan Teknik Elektro Justru Punya Peluang Kerja Besar
Jarang Dipilih, Jurusan Teknik Elektro Justru Punya Peluang Kerja Besar
Universitas BSI
Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja
Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja
Universitas BSI
Prospek Kerja dan Besaran Gaji Lulusan Jurusan Sistem Informasi
Prospek Kerja dan Besaran Gaji Lulusan Jurusan Sistem Informasi
Universitas BSI
Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet
Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet
Universitas BSI
Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?
Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?
Universitas BSI
Apa Itu Gap Year? Yuk Kenali Alasan dan Solusinya
Apa Itu Gap Year? Yuk Kenali Alasan dan Solusinya
Universitas BSI
Cocok untuk Calon Mahasiswi, 5 Jurusan Teknik Ini Punya Prospek Kerja Menjanjikan
Cocok untuk Calon Mahasiswi, 5 Jurusan Teknik Ini Punya Prospek Kerja Menjanjikan
Universitas BSI
Tawarkan Prospek Kerja Menjanjikan, 3 Jurusan Kuliah Ini Diminati Banyak Mahasiswa
Tawarkan Prospek Kerja Menjanjikan, 3 Jurusan Kuliah Ini Diminati Banyak Mahasiswa
Universitas BSI
Belum Dapat Tempat Kuliah, Universitas BSI Masih Buka Pendaftaran Gelombang Khusus
Belum Dapat Tempat Kuliah, Universitas BSI Masih Buka Pendaftaran Gelombang Khusus
Universitas BSI
Ini 3 Alasan IT Jadi Jurusan Paling Tepat pada Abad Ke-21
Ini 3 Alasan IT Jadi Jurusan Paling Tepat pada Abad Ke-21
Universitas BSI
3 Keuntungan Kuliah Jurusan Akuntansi, Salah Satunya Peluang Kerja Terbuka Lebar
3 Keuntungan Kuliah Jurusan Akuntansi, Salah Satunya Peluang Kerja Terbuka Lebar
Universitas BSI