10 Peluang Kerja Bagi Gen Z dan Prodi Kuliah yang Sesuai

Kompas.com - 18/10/2021, 16:38 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

10 peluang kerja Gen Z dan prodi kuliah yang mendukung karier mereka.DOK. Humas Universitas BSI 10 peluang kerja Gen Z dan prodi kuliah yang mendukung karier mereka.

 

KOMPAS.com – Generasi Z atau Gen Z adalah kelompok orang yang lahir setelah generasi Y atau milenial. Generasi ini lahir sekitar tahun 1995 sampai dengan 2010-an.

Banyak pihak menyebut Gen Z sebagai i-Generation atau generasi internet. Selain itu, mereka juga akrab dengan bidang teknologi dan menyukai dunia visual.

Mereka juga dianggap suka merayakan gaya hidup, seperti suka mendalami hobi, takut melewatkan suatu tren, melakukan segala sesuatu sendiri, hingga menganggap virtual merupakan bagian dari realitas mereka.

Oleh karenanya, Gen Z pun cenderung jadi pemilih dalam hal pekerjaan, yakni pekerjaan yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya.

Baca juga: Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri

Dengan karakter dan gaya hidup tersebut, berikut 10 peluang kerja Gen Z dan program studi ( prodi) kuliah yang mendukung karier mereka, seperti dirangkum Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

1. Content writer dan creator

Ada banyak kategori writer atau penulis yang bisa ditemukan saat ini, mulai dari content writer, copywriter, ghost writer, dan lainnya.

Bagi Gen Z yang suka berpikir inovatif dan kreatif, mereka bisa menulis konten dengan sangat cakap dan terampil.

Untuk menjadi writer dan creator, Gen Z bisa memilih jurusan Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, atau Humas yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Silakan cek tautan berikut pendaftaran.bsi.ac.id.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Untuk yang lebih tertarik dengan gaya jurnalistik, Gen Z bisa memilih jurusan Jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan tautan berikut pmb.umn.ac.id/pmb/web.

Selain itu, Gen Z juga bisa memilih Ilmu Komunikasi yang ada di Universitas Atma Jaya melalui tautan join.atmajaya.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

2. UI/UX designer

Bagi Gen Z yang merasa nyaman saat menggunakan sebuah aplikasi karena tampilannya yang bersahabat, maka berterimakasihlah pada UI/UX designer.

Bila tertarik menjadi UI/UX designer, Gen Z bisa memilih prodi Sistem Informasi di Universitas BSI lewat pendaftaran.bsi.ac.id, prodi Teknologi Informasi di Universitas Tarumanegara dengan tautan go.untar.ac.id, prodi Arsitektur di Universitas Brawijaya dengan tautan selma.ub.ac.id dan lainnya.

3. UX writer

Sama-sama menulis namun pekerjaan ini sedikit berbeda dengan content writer. Pekerjaan ini berhubungan dengan pembuatan aplikasi dan UI/UX designer.

Baca juga: 7 Gaya Hidup Milenial Ini Sudah Dianggap Kuno Oleh Gen Z

Tugas UX writer lebih adalah mengisi tulisan di aplikasi yang dibuat UI/UX designer supaya aplikasi yang dibangun bisa dimengerti pengguna.

Bila tertarik menjadi UX writer, Gen Z bisa memilih prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Pelita Harapan (UPH) lewat tautan pendaftaran uph.edu/id/admission, atau prodi Ilmu Komputer di UNM dengan tautan daftar.nusamandiri.ac.id.

Gen Z juga bisa memilih prodi Psikologi di Universitas Airlangga dengan tautan ppmb.unair.ac.id, dan di universitas-universitas terkemuka lainnya.

4. Digital marketer

Dengan pemanfaatan internet, jangkauan dunia marketing menjadi tidak terbatas. Untuk meningkatkan jumlah penjualan dan mendapatkan semakin banyak pelanggan, pemanfaatan bidang digital bisa dimaksimalkan.

Oleh karenanya, peluang karier untuk menjadi digital marketer pun cukup terbuka lebar karena banyak dibutuhkan dunia bisnis di era digital.

Baca juga: Sejak Internet Masuk ke Desanya, Ratusan Ibu Kampung Marketer Raup Jutaan Rupiah Tiap Bulan

Gen Z bisa memilih prodi Manajemen di Universitas BSI melalui tautan pendaftaran.bsi.ac.id atau prodi Bisnis Digital di UNM lewat tautan daftar.nusamandiri.ac.id.

Selain itu, ada pula prodi Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma yang menyediakan pendidikan bagi calon digital marketer. Kunjungi pendaftaran.gunadarma.ac.id/2021 untuk mendaftar.

5. Social media specialist

Social media specialist adalah jenis pekerjaan yang baru muncul di era Gen Z dan milenial muda. Tingginya minat terhadap media sosial membuatnya sangat menjanjikan untuk berbisnis.

Bila tertarik menjadi social media specialist, Gen Z bisa memilih prodi Ilmu Komunikasi di Universitas BSI dengan tautan pendaftaran pendaftaran.bsi.ac.id.

Baca juga: Pentingnya Social Media Break dan Cara Melakukannya

Bisa juga memilih prodi Manajemen di UNM melalui tautan daftar.nusamandiri.ac.id atau prodi Hubungan Masyarakat di London School of Public Relations (LSPR) melalui tautan lspr.edu dan lainnya.

6. Desainer grafis

Pekerjaan desainer grafis menjadi pekerjaan paling banyak dicari saat ini. Dibutuhkan jiwa kreatif dan up-to-date untuk menjadi seorang desainer grafis handal.

Gen Z yang berminat menjadi desainer grafis bisa memilih prodi Broadcasting di Universitas BSI dengan tautan pendaftaran pendaftaran.bsi.ac.id, prodi DKV di UPH lewat uph.edu/id/admission, atau prodi Visual Brand Design di UMN lewat tautan pmb.umn.ac.id/pmb/web, dan lainnya.

7. Videografer

Konten tulisan yang menarik tentu harus dibarengi dengan eksekusi cantik dan visualisasi keren. Tidak heran videografer menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini.

Gen Z yang berminat menjadi videografer, bisa memilih prodi Perfilman di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) lewat tautan pmb.ikj.ac.id dan prodi Animasi di Universitas Negeri Malang melalui home.seleksi.um.ac.id.

Baca juga: Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet

Ada pula prodi Broadcasting di Universitas BSI dengan tautan pendaftaranpendaftaran.bsi.ac.id, prodi Televisi di Universitas Komputer Indonesia (Unikom) melalui pmb.unikom.ac.id dan lainnya.

8. Data scientist dan data analyst

Di era modern, data adalah segalanya. Kini profesi data scientist dan data analyst sedang hits di kalangan Generasi Z.

Tugas utama mereka adalah mengolah dan menganalisis data yang didapatkan dari internet, kemudian digunakan dalam mengambil keputusan.

Gen Z bisa memilih prodi Sains Data di UNM lewat daftar.nusamandiri.ac.id atau jurusan Statistik di Universitas Gadjah Mada (UGM melalui ugm.ac.id/id/pendaftaran, dan universitas ternama lainnya.

Fasilitasi Pendidikan Insan Kreatif Dunia Digital, Universitas BSI Hadirkan Beasiswa Digital Talent

9 . Website administrator

Pekerjaan ini bisa dibilang sederhana, namun membutuhkan perhatian pada detail yang cukup tinggi.

Seorang web admin harus tahu event-event apa yang akan digelar dalam waktu dekat, membuat rencana konten dana waktu tertentu, dan memastikan bahwa traffic website terus menunjukkan tren positif.

Bila ingin jadi website administrator, Gen Z bisa memilih prodi Sistem Informasi di UNM melalui tautan daftar.nusamandiri.ac.id, prodi Informatika di Universitas Atma Jaya melalui tautan join.atmajaya.ac.id, prodi Teknologi Informasi di Universitas Tarumanegara lewat go.untar.ac.id, dan universitas lainnya.

Baca juga: Ini 3 Alasan IT Jadi Jurusan Paling Tepat pada Abad Ke-21

10. Developer

Mobile developer dan software developer adalah dua pekerjaan yang cocok buat Gen Z yang meminati teknologi. Mereka bisa merancang program untuk klien, memperbaiki bug, atau menambahkan fitur yang ada.

Gen Z bisa memilih jurusan Sistem Informasi yang ada di UNM melalui tautan pendaftaran daftar.nusamandiri.ac.id, atau Ilmu Komputer di Institut Pertanian Bogor (IPB) lewat tautan pendaftaran admisi.ipb.ac.id.

Tak hanya itu, ada juga prodi Teknologi Komputer di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan tautan admission.itb.ac.id/home, dan universitas-universitas lainnya.

Itulah, 10 peluang karier beserta pilihan prodi yang akan menunjang karier Gen Z. Kalau kamu, tertarik dengan pekerjaan dan prodi apa?

Baca juga: Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?

Terkini Lainnya
Bingung Mau Pilih D3 atau S1? Simak Perbedaannya Berikut Ini
Bingung Mau Pilih D3 atau S1? Simak Perbedaannya Berikut Ini
Universitas BSI
Masih Ada Kesempatan, PMB Universitas BSI Periode Maret Gelombang 3 Kembali Dibuka
Masih Ada Kesempatan, PMB Universitas BSI Periode Maret Gelombang 3 Kembali Dibuka
Universitas BSI
Miliki 35 Kampus di 20 Kota di Jawa dan Kalimantan, Universitas BSI Bebaskan Mahasiswa Baru Pilih Lokasi Terdekat
Miliki 35 Kampus di 20 Kota di Jawa dan Kalimantan, Universitas BSI Bebaskan Mahasiswa Baru Pilih Lokasi Terdekat
Universitas BSI
Ingin Kuliah Sambil Kerja, Daftar Saja di Kelas Karyawan Universitas BSI Periode Maret 2023
Ingin Kuliah Sambil Kerja, Daftar Saja di Kelas Karyawan Universitas BSI Periode Maret 2023
Universitas BSI
Peringati HUT Ke-35, BSI Luncurkan BSI Digination 2023 dan Aneka Ragam Kegiatan Pendukung
Peringati HUT Ke-35, BSI Luncurkan BSI Digination 2023 dan Aneka Ragam Kegiatan Pendukung
Universitas BSI
Wujudkan Karier Impian dengan Kuliah di Universitas BSI Jalur Gelombang Khusus
Wujudkan Karier Impian dengan Kuliah di Universitas BSI Jalur Gelombang Khusus
Universitas BSI
Punya Peluang Karier Bagus, Lulusan 6 Jurusan Kuliah Ini Dicari Perusahaan
Punya Peluang Karier Bagus, Lulusan 6 Jurusan Kuliah Ini Dicari Perusahaan
Universitas BSI
5 Pilihan Jurusan untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja
5 Pilihan Jurusan untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja
Universitas BSI
Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Content Creator dan Content Writer
Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Content Creator dan Content Writer
Universitas BSI
Tidak Suka Matematika, Ini 4 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Tepat
Tidak Suka Matematika, Ini 4 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Tepat
Universitas BSI
Tertarik Masuk Jurusan Periklanan? Ini 4 Mata Kuliah yang Akan Dipelajari
Tertarik Masuk Jurusan Periklanan? Ini 4 Mata Kuliah yang Akan Dipelajari
Universitas BSI
Jago Bahasa Inggris? Ini 6 Pekerjaan Keren yang Bisa Dipilih
Jago Bahasa Inggris? Ini 6 Pekerjaan Keren yang Bisa Dipilih
Universitas BSI
6 Tanda Mahasiswa Sudah Tepat dalam Memilih Jurusan Kuliah
6 Tanda Mahasiswa Sudah Tepat dalam Memilih Jurusan Kuliah
Universitas BSI
Calon Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui
Calon Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui
Universitas BSI
Ingin Kerja di Industri Kreatif? Ini 3 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih
Ingin Kerja di Industri Kreatif? Ini 3 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih
Universitas BSI
Bagikan artikel ini melalui
Oke