Asyik, Kuliah Program Diploma Sarjana di Universitas BSI Dapat 2 Gelar Sekaligus

Amalia Purnama Sari
Kompas.com - Selasa, 6 Juli 2021
Lewat program Diploma Sarjana Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar dan ijazah sekaligus.DOK. Humas Universitas BSI Lewat program Diploma Sarjana Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar dan ijazah sekaligus.

KOMPAS.com – Mungkin ada sebagian orang yang berpikir bahwa menyandang dua gelar selepas kuliah merupakan hal yang sulit.

Namun, tahukah Anda kalau Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) menyediakan program yang bisa membantu mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sekaligus?

Tak hanya memperoleh dua gelar, lewat program “ Diploma Sarjana BSI”, para mahasiswa juga bisa lulus dengan mengantongi dua ijazah sekaligus.

Memiliki gelar diploma atau ahli madya dan sarjana dalam waktu bersamaan tentunya akan memunculkan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa.

Baca juga: Program Sarjana Terapan Unpad Dibuka Hingga 5 Juli

Hal itu dirasakan alumni Universitas BSI dari Kampus Pontianak bernama Rabiatus Sa'adah. Menurutnya, program  Diploma Sarjana sangat praktis bagi mahasiswa yang menginginkan dua gelar dan ijazah sekaligus.

Ia menerangkan, setelah menuntaskan program diploma tiga (D3) di Universitas BSI Kampus Pontianak, ia langsung melanjutkan program sarjana strata satu (S1) di Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Untuk diketahui, Universitas BSI dan UNM telah menjalin kerja sama. Dengan demikian lulusan D3 di Universitas BSI bisa melanjutkan ke jenjang S1 di UNM.

“Kini saya sudah mendapat dua gelar, yakni ahli madya dan sarjana. Tentunya dua ijazah sekaligus dalam kurun waktu yang singkat,” ucapnya dalam keterangan pers resmi, dikutip Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Ira, sapaan akrab Rabiatus, mengungkapkan bahwa program Diploma Sarjana sangat membantunya dalam hal biaya pendidikan.

Baca juga: ITS Buka Pendaftaran Gelombang 3 Jalur IUP dan Sarjana Terapan

Sebab, salah satu keunggulan program tersebut adalah dengan cukup membayar uang gedung satu kali saja.

“Selain biaya kuliah lebih terjangkau, program Diploma Sarjana juga ditempuh dengan biaya yang efisien. Karena saya hanya perlu kuliah tiga tahun di kampus terdekat, kemudian dilanjutkan program sarjana selama setahun secara daring,” imbuhnya.

Selain Ira, keunggulan program Diploma Sarjana juga diungkapkan Yohanes Jelly Sonda, mahasiswa semester delapan jurusan Sistem Informasi (SI) UNM.

Yohanes merupakan alumni dari Universitas BSI Kampus Pontianak yang memilih program Diploma Sarjana dan melanjutkan kuliahnya di UNM.

Baca juga: ITS Buka Kembali Kelas Internasional dan Sarjana Terapan

Menurut Yohanes, alasannya mengambil program itu, selain karena mendapatkan dua gelar sekaligus, adalah agar bisa kuliah sambil bekerja.

Ia menjelaskan, selepas menamatkan kuliah diplomanya, ia langsung melamar pekerjaan di Ninja Xpress Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Karena perkuliahan yang bisa dilaksanakan secara daring, saya juga bisa kuliah sembari bekerja di kampung halaman. Alasan memilih program Diploma Sarjana adalah kualifikasinya yang memiliki dua gelar sekaligus ketimbang mereka yang hanya memilih program sarjana saja,” katanya.

Keunggulan dari program Diploma Sarjana tentunya layak menjadi pilihan bagi mahasiswa yang menginginkan pendidikan untuk menunjang kesuksesan karier.

Baca juga: ITS Buka Sarjana Terapan Jalur Mandiri, Cek Syarat dan Biayanya

Sebab, selain ditempa dengan ilmu praktik, mahasiswa program Diploma Sarjana Universitas BSI juga bisa mendapatkan berbagai teori yang mendukung.

PenulisAmalia Purnama Sari
EditorMikhael Gewati