SD Labschool Cibubur Sukses Gelar Festival Literasi dan Numerasi, Ajang Pengembangan Potensi Siswa

Kompas.com - 19/09/2024, 15:50 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Peserta didik antusias mengikuti kegiatan Festival Literasi dan Numerasi.DOK. Humas Labschool Peserta didik antusias mengikuti kegiatan Festival Literasi dan Numerasi.

KOMPAS.com - Sekolah Dasar (SD) Labschool Cibubur sukses menggelar Festival Literasi dan Numerasi dengan tema “Kugenggam Dunia dengan Literasi Numerasi” pada Selasa (10/9/2024) sampai Rabu (11/9/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi diri peserta didik dalam keterampilan literasi dan numerasi.

Menurut SD Labschool Cibubur, keterampilan literasi dan numerasi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan masa depan, serta berperan penting dalam pengambilan keputusan sehari-hari.

Dalam konteks pendidikan dasar, perhatian khusus diperlukan untuk memastikan bahwa peserta didik memiliki pondasi yang kuat untuk belajar sepanjang hayat.

Baca juga: Kemendikbud: Anggaran Belum Memungkinkan Gratiskan Seluruh Pendidikan Dasar

Kepala SD Labschool Cibubur Buang Raharjo menjelaskan beberapa latar belakang kegiatan Festival Literasi dan Numerasi.

Pertama, kata dia, SD Labschool Cibubur mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi dari Nyalanesia, sebuah startup pengembang literasi terpadu, berkat keterlibatan aktif siswa dan guru dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB).

Kedua, upaya menjaga mutu pendidikan juga menjadi alasan penting, sehingga perlu ada pemahaman berkelanjutan terkait literasi dan numerasi,” ujar Buang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (18/9/2024).

Ketiga, lanjut dia, Festival Literasi dan Numerasi diadakan bertepatan dengan Hari Literasi Internasional yang diperingati pada 8 September. Terakhir, acara ini penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan bermakna.

Suguhkan berbagai kegiatan menarik

Keseruan belajar numerasi melalui aplikasi Koobits (belajar matematika standar Singapura dan Cambridge)DOK. Humas Labschool Keseruan belajar numerasi melalui aplikasi Koobits (belajar matematika standar Singapura dan Cambridge)

Festival Literasi dan Numerasi menyuguhkan berbagai kegiatan menarik, seperti Kelas Cerita Bergambar oleh Kak Andi Yudho, Kelas Literasi Science dari WWF-Indonesia, Kelas Bercerita Protap Jelita oleh Perpusnas, Kelas Menulis bersama Buku Club, serta Kelas Numerasi oleh Tim Koobits dan Kak Aris Setiawan.

Kegiatan lainnya termasuk Kelas Literasi Digital bersama Kak Indriyatno dan Kelas Menulis untuk Guru dan Orangtua oleh Doktor (Dr) Helvy Tiana Rosa.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan bazar buku, mainan edukatif, display media belajar matematika, karya siswa, dan bazar makanan.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dina, mengungkapkan bahwa SD Labschool Cibubur menyadari pentingnya festival tersebut untuk meningkatkan minat, pemahaman, dan keterampilan peserta didik.

Baca juga: Agar Anak Gemar Membaca, Pegiat Literasi dan Pojok Baca Pun Berperan Penting

“Literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga memahami dan mengolah informasi. Sementara, numerasi adalah keterampilan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bustanil Arifin juga menekankan bahwa rangkaian kegiatan tersebut memberi pengalaman berharga bagi peserta didik dalam literasi dan numerasi serta mengembangkan keterampilan penting untuk masa depan.

Bentuk generasi cerdas dan kreatif

Buku buku ber-ISBN karya siswa SD Labschool Cibubur.DOK. Humas Labschool Buku buku ber-ISBN karya siswa SD Labschool Cibubur.

Senada dengan Bustanil Arifin, Wakil Kepala Bidang Akademik Nasrudi berharap Festival Literasi dan Numerasi dapat membentuk generasi yang cerdas dan kreatif.

“Dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi,serta memperkuat teamwork antara peserta didik, guru, dan orangtua,” ujarnya.

Baca juga: Menkes Ungkap Junior Peserta Didik Anestesi Undip Diintimidasi Senior, Dilarang Bicara Kasus Perundungan

Pada kesempatan yang sama, Pengembang Pendidikan Labschool Cibubur Deden E Ariffan merasa puas dengan hasil kerja tim.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi sumbangsih positif bagi kualitas pendidikan, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan dengan keterampilan literasi dan numerasi yang kuat,” katanya.

Melalui budaya literasi, siswa kelas VI telah menghasilkan banyak karya buku yang diterbitkan dan ber-ISBN melalui program Final Project yang dipresentasikan seperti ujian karya ilmiah. Semua karya tersebut ditampilkan di perpustakaan SD Labschool Cibubur.

Menarik bukan, untuk itu bergabung dengan Keluarga Besar Labschool Cibubur yang berlokasi di Jalan Raya Hankam 15-20 Jatiranggon, Jati Sampurna, Bekasi.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Labschool Cibubur di nomor 0811-8087-442 atau kunjungi situs labschoolcibubur.sch.id.

Ikuti media sosial (medsos) Labschool Cibubur untuk mendapatkan update terbaru di Instagram @labschoolcibubur.official, TikTok @labschoolcibubur, Facebook Labschool Cibubur.

Untuk pendidikan terbaik, ingatlah satu nama LABSCHOOL! (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bustanil Arifin)

Bagikan artikel ini melalui
Oke